Demo Kantor Bupati, Ketua KPK-APP-KALSEL Minta Pemkab Tala Fasilitasi Sengketa Tanah Antara Warga dan JCI

oleh -58 Dilihat

Tanah Laut Kalsel.Bramastanews.com – Masyarakat Kalimantan Selatan Bersama Puluhan massa yang tergabung di dalam LSM gabungan Se- Kalsel mendatangi kantor Pemkab Tanah Laut (TALA) menindaklanjuti adanya kandang JCI diduga tanpa memiliki IMB atau PBG, Kamis (05/01/2022).

Aliansyah Ketua LSM KPK-APP menyampaikan, pihaknya meminta dan mendesak Kepada Bupati Kabupaten Tanah Laut (TALA) untuk menindak tegas sesuai dengan Peraturan dan Perundang-Undangan atas Bangunan Kandang Ayam di Desa Tambang Ulang milik JCI yang dibangun diatas lahan Sertifikat Nomor 179 atas nama Chandra Ghozali, yang diduga tidak memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

Aliansyah juga meminta dan mendesak kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tanah Laut untuk mengawasi kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut dalam Penegakan Perda Kabupaten Tanah Laut Nomor 14 Tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan, dalam penindakan atas Bangunan Kandang Ayam di Desa Tambang Ulang milik JCI Indonesia yang dibangun diatas lahan Sertifikat Nomor 179, atas nama Chandra Ghozali, yang diduga tidak memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan),”Ucapnya.

BACA JUGA  Canangkan SPBE Desa, Kementerian PANRB Dukung Banyuwangi Perkuat Transformasi Digital Smart Kampung

Selain itu pihaknya mempertanyakan tindakan dan sikap dari Pemkab Tala terkait dugaan perusahaan yang tak taat aturan, Jangan tebang pilih dalam menegakkan aturan, seharusnya Pemkab Tala harus lebih tegas menindak bagi yang melanggar aturan,”tegas Ali.

Kemudian ia mengatakan, kita juga menduga bahwa ada mafia tanah terkait kasus ini yaitu adanya dugaan penyerobotan lahan warga seluas 20 hektar, kasus ini sudah dilaporkan tetapi proses hukum tidak berjalan.

“Kami meminta kepada aparat penegak hukum juga jangan diam saja melihat kasus ini yang sedang bersengketa untuk tidak ada kegiatan atau aktivitas di sana, sampai masalah ini selesai,”Harapnya.

BACA JUGA  *Soal Penolakan Pembentukan KDD di NTB, Ini Tanggapan Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND) Dante Rigmala*

Sementara itu, Asisten I Pemkab Tanah Laut, Khairul Rizal yang mewakili Bupati Tala Sukamta menyampaikan, kami menerima dan mengapresiasi para pendemk dan juga sudah melakukan tindakan sesuai wewenang dengan cara menegur secara lisan kepada JCI atas dugaan lahan yang tidak memiliki IMB.

“Sebenarnya masalah sengketa tanah ini bukan kewenangan dari Pemkab Tala, silahkan diselesaikan antar kedua belah pihak dan terkait pembangunan tanpa ijin, kami sudah memberikan teguran secara lisan dan akan dilanjutkan tertukis hingga nanti bila tak mematuhi bakal dikenakan sanksi, “terangnya.

BACA JUGA  Tercium Aroma Bau Amis Dalam Kasus UOB Kayhian Sekuritas

Kata dia, pihaknya sepakat dalam pertemuan ini akan menghentikan kegiatan usaha peternakan milik JCI karena diduga tidak memiliki IMB.

Senada, Ketua DPRD Tala, Muslimin mengapresiasi aksi damai yang digelar oleh beberapa LSM ini.

Pihaknya juga mengatakan akan lebih giat lagi dalam melakukan pengawasan terkait perizinan bangunan di Tanah Laut

“Terimakasih kepada kawan- kawan aksi sudah menyampaikan aspirasinya dengan aman, tertib dan damai,”tutupnya. ( red )