Resmikan Rumah Oleh-Oleh, Pemkab Konkep Bakal Rangkul Pelaku UMKM

oleh -74 Dilihat
Ketgam: Bupati Konkep saat meresmikan Rumah Oleh-oleh. Foto: Hend

Langara, Bramasta News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dengan cara menyediakan fasilitas berupa sarana Rumah Oleh-Oleh tempatnya pelaku UMKM menyimpan memamerkan usahanya sampai laku.

Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi (Perindagkop) Usaha Kecil Menengah (UKM) Konkep, Engu Liokto Dias,S.Pd dalam wawancaranya mengatakan, Rumah oleh-oleh ini merupakan salah bentuk upaya Pemkab Konkep dalam merangkul pelaku UMKM dengan menyediakan wadah untuk memajang dan memamerkan hasil kerajinan tangan atau makanan khas dari Wawonii.

BACA JUGA  Pemkab Konkep Sukses Gelar Upacara HUT RI Ke-79.

“Jadi, setelah pelaku UMKM se Kabupaten Konawe Kepulauan mempunyai hasil kerajinan, bisa di titip disini, sebut saja harganya, nanti kita yang jualkan tanpa memotong atau memungut sepeserpun,” ungkapnya, (17/8).

Ia mengatkan, tujuan dari pembangunan Rumah Oleh-Oleh ini adalah untuk mempermudah bagi orang luar daerah kabupaten Konkep untuk mengenal ciri khas Pulau Wawonii.

“Ini untuk mempermudah keluarga-keluarga kita yang berada di luar daerah untu memperoleh ciri khas kita disini apa saja, dari kuenya, pengrajinnya dan batik, apalagi batik kita ini punya izin tersendiri dari Bupati,” terangnya.

BACA JUGA  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Bantah terkait Beredarnya Data Pembagian Proyek PL 20.2 Milyar Untuk Anggota DPRD

Ia menyampaikan, bagi pelku Usha Kecil Menengah (UKM) yang berda di setiap kecamatan, dapat membuat permohonan bantuan anggaran dengan syarat adanya kelompok usaha minimal 10 orang, Izin dan Badan Usaha yang telah berjalan minimal 2 tahun.

“Jadi ketika mau melakukan permohonan bantuan anggaran, harus sebelum Musrembang, agar kami juga bisa mengusulkan, dan bantuan fasilitas hanya bisa seperti bantuan alat produksi tidak bisa memohon untuk Rumah produksi karna sudah tudak bisa,” jelasnya.

Ia berharap, pihaknya dapat terus bersinergi bersama para media yang berada di Konkep agar dapat mempromosikan apa yang menarik dan menjadi ciri khas Konawe Kepulauan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *