Camat Tanah Abang Laksanakan Monev Kegiatan DD dan ADD TA 2024 di Desa Muara Sungai.

oleh -417 Dilihat

PALI-Sumatera Selatan||Bramastanews.com

Pemerintah Kecamatan Tanah Abang melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) realisasi pembangunan dari anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD dan ADD) tahap I tahun anggaran 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Muara Sungai, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan pada Jumat, 19 Juli 2024.

Monitoring dan evaluasi ini mencakup beberapa titik pembangunan, di antaranya adalah peningkatan gedung Polindes (rehab atap dan pelafon) pembangunan siring/drainase, pembangunan jalan rabat beton.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Desa Muara Sungai  dan perangkat desa, Camat Tanah Abang H. Darmawan, SH yang diwakili oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Mustar Alimin, SH, Kasi PMD, Kasi Pemerintahan beserta staf kantor Camat, Ketua dan anggota BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta pendamping desa.

BACA JUGA  Mafia Tanah masih Berkeliaran, Kemana Aparat Penegak Hukum

Camat Kecamatan Tanah Abang, H. Darmawan, SH yang diwakili oleh Sekcam Mustar Alimin, SH dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa tujuan utama dari kegiatan Monev ini adalah untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran desa.

“Kami berharap pemerintah desa dapat lebih transparan kepada warga dalam pengelolaan anggaran DD dan ADD agar terhindar dari kasus-kasus yang tidak diinginkan,” ungkap Mustar.

Dia juga menekankan pentingnya belajar dari kasus-kasus desa lain di luar daerah yang terjerat masalah hukum akibat kurangnya transparansi.

“Pemerintah desa harus bisa berkaca dari maraknya pemerintah desa yang tersandung kasus di luar sana karena tidak transparan,” tambah Mustar.

Di sisi lain, Kepala Desa Muara Sungai, Hidayat Dani, menjelaskan bahwa pihak pemerintah desa sudah berupaya untuk transparan terhadap warga mengenai realisasi anggaran.

“Kami selalu berusaha memberikan informasi yang jelas kepada warga terkait penggunaan anggaran,” tukas Hidayat.

Dia juga meminta warga untuk menjaga dan memanfaatkan bangunan yang sudah terealisasi dengan sebaik-baiknya, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas umum di desa.

BACA JUGA  KPU PALI Selenggarakan Bimtek PPK dan PPS se - Kabupaten PALI

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi pengelolaan anggaran desa, serta memastikan bahwa pembangunan yang dilakukan benar-benar bermanfaat dan berkelanjutan bagi seluruh warga desa Muara Sungai (Red/Im).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *