Launching Tombol SIRINE UPTD PSC 119 Kabupaten Bekasi Tentang Kegawatdaruratan Medis

oleh -85 Dilihat

Kabupaten Bekasi.Bramastanews.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi siap mendukung kesiapsiagaan bencana dengan menyiagakan Tim PSC 119 Gerak Cepat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah mengatakan, selain tim gerak cepat, pihaknya juga menyiapkan aplikasi Bekasi Response Online (Sirine) yang akan mengirimkan notifikasi ketika terjadi bencana.

“Jadi kalau ada bencana di suatu tempat, aplikasi Sirine itu memberikan notifikasi bahwa ada bencana di tempat itu, sehingga tim reaksi cepat di Puskesmas dan Dinas Kesehatan langsung bergerak,” kata Alamsyah, usai acara Apel Siaga Bencana tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2022, yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Senin (31/10/22).

BACA JUGA  Peresmian PT Sucofindo Cabang Pontianak di Hadiri Pangdam XII/Tpr

Tak hanya itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekas juga menyiagakan Public Safety Center (PSC) 119 sebagai layanan tanggap darurat kesehatan.

“Ya, kita juga punya PSC 119 yang siap untuk antisipasi dan gerak kalau ada terjadi kejadian bencana di lapangan, untuk mempercepat pertolongan pada korban yang membutuhkan penanganan segera,” terangnya.

Sebelumnya, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, Apel Siaga Bencana tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2022, digelar untuk mengecek kesiapan personil, logistik dan peralatan, sebagai antisipasi terjadinya bencana.

BACA JUGA  Kapolres PALI Hadiri Pelantikan Anggota PPK Se-Kabupaten PALI

Kegiatan tersebut, kata Dani, juga untuk membangun koordinasi dan sinergitas, serta menyiapkan sistem komando, guna memantapkan peran kolaborasi pentahelix dan stakeholder dalam penanggulangan bencana.

“Kita tidak pernah berharap adanya bencana, tetapi ketika terjadi bencana, seluruh personil, baik aparat TNI, Polri, ASN, maupun relawan, semuanya siap dalam penanggulangannya,” ujarnya.

Masih dilokasi yang sama, Kepala UPTD PSC 119 Kabupaten Bekasi, “H. Nalin Suhendrik, SKM. M.Si, menjelaskan kepada awak media, dalam mewujudkan SPGDT ( Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu)di Kabupaten Bekasi, UPTD PSC 119 kabupaten Bekasi, meluncurkan inovasi Tombol Sirine ( Bekasi Integrasi Respon Online)

BACA JUGA  Pemkab Bekasi Meluncurkan Program Wisata Industri

yang baru saja di resmikan pak bupati, bertujuan untuk memudahkan masyarakat kabupaten Bekasi, mendapatkan pelayanan kesehatan dalam kasus kegawatdaruratan, masyarakat kini dapat mendownload aplikasi tombol SIRINE di play store, aplikasi ini berbasis internet dan GPS, agar titik koordinat kejadian dapat terbaca di Call center PSC 119 kabupaten Bekasi, serta dapat memudahkan petugas PSC 119 menuju lokasi dengan cepat dan tepat, Aplikasi ini akan terus terupdate dan terintegrasi dengan pihak kepolisian , BPBD, Damkar dan lain-lain, tutupnya. ( Away )