Panwascam Karang Bahagia Menggelar Press Release Tentang Pengawasan Logistik Pada Pemilu Tahun 2024

oleh -81 Dilihat

Kabupaten Bekasi, bramastanews.com – Menjelang pemilihan umum (Pemilu) yang semakin dekat yaitu pada tanggal 14 Februari 2024, Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU) Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, selalu intens berkoordinasi dengan PPK, perihal persiapan pengawasan logistik untuk pemilu.

 

Hal itu disampaikan oleh Riki Ardiansyah selaku ketua panwaslu atau panwascam Karang Bahagia, yang menggelar Pres Release bersama awak media, pada Rabu (31/01/2024) bertempat di rumah makan my cafe, Karang Bahagia.

 

Menurutnya, koordinasi ini sangat penting dalam rangka untuk memastikan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara. Serta dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya agar sesuai dengan PKPU Nomor 14 tahun 2023.

BACA JUGA  Menolak Isu Sara, Ketua DPRD Kab. Bekasi Ajak Masyarakat Menjaga Kondusifitas Pemilu Aman dan Damai

 

“Dalam melakukan pengawasan logistik pemilu, Panwaslu Kecamatan merujuk pada Peraturan Bawaslu Nomor 12 tahun 2023. Yang tertuang pada pasal 4.” Terangnya.

Panwascam Karang Bahagia Saat Rapat Koordinasi
Panwascam Karang Bahagia Saat Rapat Koordinasi

Selanjutnya, masih kata Riki terkait potensi kerawanan dan strategi pencegahan perlengkapan pada pengadaan logistik pemilu dan pendistribusiannya pada pemilu tahun 2024, panwaslu merujuk pada Surat Edaran Nomor 49 Tahun 2023.

 

“Dalam Surat edaran tersebut dijelaskan identifikasi potensi kerawanan yaitu pendistribusian logistik pemilu yang tidak tepat jumlah, tidak tepat kualitas, tidak tepat waktu, tidak tepat tujuan dan tidak terjamin pengamanan.”ucapnya.

BACA JUGA  Upaya Meningkatkan Kapasitas SDM, Pemda Konkep Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas KPM Desa.

Riki juga memaparkan, dalam melakukan pencegahan butuh strategi seperti, 1 (satu) Melakukan pemetaan kebutuhan logistik pemilu secara tepat. 2 (Dua) melakukan pemetaan wilayah yang terjauh dan geografis yang sulit dijangkau. 3 (Tiga) selalu koordinasi dengan PPK, untuk mendapatkan data dan informasi mengenai jadwal pendistribusian, jumlah, pengaturan teknis pendistribusian, peta zona pendistribusian dan mekanisme pengamanan pendistribusian logistik pemilu.

 

Lanjut Riki, ke 4 (empat) berkoordinasi dengan stakeholder terkait pengamanan pendistribusian logistik pemilu. Ke (5) atau yang terakhir, Panwaslu Kecamatan Karang Bahagia mengajak masyarakat untuk

BACA JUGA  Jelang Momen Politik, Hipma-Wansel Tegaskan Bukan Sebagai Gerbong Politik

bersama-sama mengawasi setiap tahapan pemilu dan jangan ragu untuk melaporkan kepada Panwaslu, apabila menemukan dugaan pelanggaran termasuk pada pendistribusian logistik pemilu.

 

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan acara rapat koordinasi pengawasan masa kampanye pada pemilihan umum tahun 2024, yang di hadiri oleh Ahyar Firmansyah perwakilan Bawaslu Kabupaten Bekasi sebagai nara sumber, serta ketua PPK Kecamatan Karang Bahagia, dan PKD (Pengawas Kelurahan Desa) yang ada di wilayah Kecamatan Karang Bahagia.

 

Reporter : (Latif)