PPS Desa Wungkolo nambah personil lantik dan mengambil sumpah KPPS Jelang Pemilu 2024

oleh -69 Dilihat

 

Konkep, Bramasta News.com – Penyelenggaraan Pemilu di tingkat Kabupaten hingga Desa telah melakukan berbagai macam persiapan, hal dilakukan demi suksesnya Pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari lagi.

Setelah beberapa hari lalu di lantik Petugas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), saat ini sampailah ke tahap pelantikan dan pengambilan sumpah Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) secara serentak di masing masing Desa atau TPS. Kamis (25/1).

Bertempat di sanggar pelatihan, PPS Desa Wungkolo Kecamatan Wawonii Selatan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep)melantik tujuh KPPS yang telah di nyatakan lolos setelah melalui tahapan pendaftaran dan seleksi sebagai penyelenggara Pemilu 2024.

Ketua KPU RI melaui Ketua PPS Desa Wungkolo, Kusnadin,S.Pd mengatakan, KPPS memiliki peran yang penting sebagai Penyelenggara Pemilu, salah satu tugasnya yaitu melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Hal itu di atur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

BACA JUGA  Caleg Propinsi Dapil 8 Jawa Barat No.Urut 5, Ev.Kefas Hervin Devananda.S.Th, Kota Bekasi, Kota Depok,STh

“Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan,”jelasnya.

Ia memandang, pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan pasca Pemilu yang memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam dampak dari logistik Pemilu berbahan baku kertas.

Ia pula mengungkapkan, dengan terselenggaranya pelantikan secara serentak ini, mendapatkan penghargaan dengan tiga kategori dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yaitu :

Pertama, Pelantikan secara serentak anggota penyelenggara pemilu terbanyak.
Kedua, Bimbingan Teknis secara serentak kepada anggota penyelenggara pemilu terbanyak
Ketiga, Penanaman Bibit Pohon terbanyak secara serentak oleh anggota penyelenggara pemilu terbanyak.

BACA JUGA  Menyambut Hari Santri Nasional 2023 Pelajar Lampeapi Gelar Pawai Obor dan Sholawat Bersama 

” KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada semua 7 orang Anggota KPPS, yang berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis hanya kepada 1 orang Anggota KPPS,” bebernya dalam sambutan .

Ia berharap agar Anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan.

“Demikian juga Anggota KPPS agar bekerja dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS,”tuntasnya.

BACA JUGA  Tak di Beri Hak Sesuai Perda, BPD se-Konkep Boikot APBDes 2024.

Sementara itu, PPS Desa Wungkolo, Arif Rahman berpesan, KPPS yang telah di lantik dapat kerja sama dengan baik sebagai tim dalam proses Pemungutan dan penghitungan suara kedepannya.

“Kerja sama tim dan pahami dalam proses pemilihan merupakan hal utama. Mereka nantinya akan melaksanakan tugasnya masing-masing pada hari H dan semoga di kegiatan tersebut berjalan lancar dan aman,” pungkasnya.