Tingkatkan Kompetensi Petugas Rehabilitasi, Lapas Banjarbaru Ikuti Pelatihan MI-CBT Yang Digelar BNNP Kalsel

oleh -105 Dilihat

Banjarmasin || Bramastanews.com

 

Lapas Kelas IIB Banjarbaru mengikuti pelatihan Motivational Interviewing dan Cognetive Behavior Therapy (MI-CBT) yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kegiatan yang akan berlangsung selama 5 hari, dimulai dari tanggal 6 maret hingga 10 maret tersebut, dibuka secara langsung oleh Kepala BNNP Kalsel, Brigjen Pol. Wisnu Andayan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Senin (06/03/2023) Tadi.

Kegiatan Pelatihan MI-CBT ini diikuti sebanyak 25 orang, 2 orang diantaranya merupakan petugas Lapas Banjarbaru, Petugas dari BNN Kabupaten/Kota, Petugas LRIP (Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah), dan petugas LRKM (Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat).

Fajar Trianto, salah satu Petugas Lapas Banjarbaru yang mengikuti pelatihan menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam mengaplikasikan terapi MI-CBT kepada klien penyalahguna ditempat kerja masing-masing.

“Pelatihan ini mengajarkan bagaimana kita sebagai petugas rehabilitasi bisa menumbuhkan motivasi bagi klien penyalahguna narkoba agar mampu berubah dengan berbagai metode pendekatan MI-CBT,”jelasnya.

Secara terpisah, Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang berharap kepada petugas yang mengikuti pelatihan agar dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dari pelatihan untuk pelaksanaan rehabilitasi sosial yang sedang berlangsung tahun ini.

“Selain untuk menimba ilmu, pelatihan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar instansi, dan tentu kita sangat mengapresiasi adanya pelatihan MI-CBT ini,”ungkapnya.

“Harapannya setelah ikut pelatihan, kompetensi petugas rehabilitasi Lapas Banjarbaru dapat lebih meningkat agar bisa diterapkan dalam kegiatan rehabilitasi sosial yang sedang diikuti 180 Warga Binaan Lapas Banjarbaru,”pungkas Kalapas Amico.

Adapun Pelatihan MI-CBT yang digelar oleh BNNP Kalsel tersebut, menghadirkan 4 orang pemateri, yaitu Frederick S. Kaban (Perubahan Perilaku), dr. Daryl Alfitri (Konsep MI), Bismo Haryo Dwi P (Keterampilan Konseling Dasar), Mulyanto, M. Psi (Teknik CBT).