,

VIRAL..!! Warga Desa Karangsari Cipongkor Bandung Barat Iuran Untuk Bangun Jalan, Dana Desa Kemana ?

oleh -564 Dilihat
oleh

VIRAL..!! Warga Desa Karangsari Cipongkor Bandung Barat Iuran Untuk Bangun Jalan, Dana Desa Kemana ?

BANDUNG BARAT  // Bramastanews.com_Jagat sosial media di grup facebook bernama SDKBB (Seputar Desa Kabupaten Bandung Barat) ramai komentari sebuah postingan yang diunggah pada 6/10/2024.

Dalam postingannya, akun facebook atas nama, Uj Ujang Japar, unggah sebuah video berdurasi 40 detik dengan caption,

“Izin pa admin, minta diloloskan Alhamdulillah jalan tonggoheun lapang Gunung Karang, Desa Karangsari kecamatan Cipongkor KBB nuju di lereskeun, upami usum hujan seueur motor NU gareubis/jatuh kusabab leueur/licin jalanan rusak, dan alhamdulillah dana na sanes ti Desa tapi kengeng udunan ti masyarakat setempat, Teu Aya anu peduli mum sepertos kieu di biarkan”

Bila diartikan maknanya kurang lebih sebagai berikut,

“Ijin pak admin, minta diloloskan. Alhamdulillah jalan yang berada di atas lapang Gunung Karang Desa Karangsari, kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, sedang diperbaiki. Kalau musim hujan banyak motor yang jatuh, sebab jalannya licin dan rusak. Alhamdulillah dananya bukan dari Desa, tapi dapat dari iuran masyarakat setempat. Tidak ada yang peduli, jalan seperti ini dibiarkan,” tulis si pengunggah.

Dalam video itu, nampak seorang wanita sedang berdiri di pinggir jalan yang kondisinya rusak, di hadapannya nampak sebuah kardus berisi sejumlah uang pecahan seratus ribuan dalam jumlah lumayan dan beberapa pecahan uang rupiah lainnya.

Lebih lanjut dalam video itu juga menyampaikan narasi ucapan terimakasih dan sebut kata “alhamdulila swadaya dari masyarakat”.

Wanita dalam video tersebut juga sebutkan nama dan alamat jalan lokasi kerusakan secara jelas,

“Terimakasih atas kebaikannya, untuk jalan Gunung Karang Desa Karangsari kecamatan Cipongkor, yang nama Kepala Desanya Ade Bahtiar. Ini mah bukan Dana Desa tapi Dana warga untuk menyumbang ke desa,” pungkas wanita di video tersebut.

Berbagai komentar berbeda dan pedas akhirnya disampaikan beberapa akun pengguna sosmed lainnya, diantaranya ada yang pertanyakan Dana Desa di kemanakan.

Ada juga komentar lain yang sebut, nggak ada muka Kadesnya, kemana pengurus Desa sampai harus iuran dan lainnya.

Seperti diketahui, Dana Desa digelontorkan pemerintah pusat ke Desa bertujuan untuk percepatan Pembangunan, Peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pembangunan Infrastruktur, Pemberdayaan Masyarakat serta Peningkatan Kapasitas SDM dan kualitas hidup masyarakat.

Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan RI, Dana Desa diluncurkan pada tahun 2015, dimana program tersebut merupakan suntikan dana segar bagi desa-desa di seluruh penjuru negeri.

Lantas, sejauh mana alokasi DD di Desa Karangsari kecamatan Cipongkor direalisasikan.

Bagaimana sistem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur dilaksanakan, apakah seluruh pelaksanaan kegiatan dari sumber Dana Desa dilakukan dengan melibatkan masyarakat.

Lantas apa penyebab jalan Desa tersebut belum diperbaiki sampai saat ini.

Sampai berita dimuat awak media belum berhasil mendapatkan kontak Kepala Desa Karangsari bernama Ade Bahtiar itu, sehingga belum didapat keterangan resmi terkait persoalan tersebut.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *