Pj Bupati Garut Pimpin Rapat Koordinasi di Wanaraja Persiapan Akhir Lomba 10 Program PKK Tingkat Jawa Barat

oleh -31 Dilihat

 

Garut, Bramastanews.com

Garut, Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, memimpin rapat koordinasi persiapan akhir lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Barat di Aula Kantor Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Senin (16/9/2024). Rapat ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Nurdin Yana, Ketua TP PKK Kabupaten Garut, Sri Kartika Barnas Adjidin, serta sejumlah pejabat dan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dalam rapat tersebut, Barnas Adjidin menekankan pentingnya persiapan matang dalam mengikuti lomba ini. Ia mengingatkan bahwa keberhasilan Desa Wanajaya dalam lomba ini memerlukan kolaborasi dari seluruh pihak, termasuk SKPD. Terlebih, Ia menilai banyak item atau indikator penilaian yang harus dipenuhi, dan menurutnya hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh pihak desa saja.

BACA JUGA  Kades Lasiroko Kab. Kolaka Membantah Tudingan Melakukan Pelecehan Kepada Anak Pelajar.

“Kita tidak bicara perlombaannya, tapi bagaimana agar warga Desa Wanajaya ini bisa menjadi desa yang bisa dijadikan contoh untuk desa-desa lainnya, yaitu hidup sesuai dengan koridor tatanan kehidupan,” ujar Barnas.

Meski tidak menetapkan target kemenangan, Barnas berharap Kabupaten Garut mampu memberikan hasil terbaik dan terus memperbaiki setiap kekurangan. Ia berpesan agar usaha yang dilakukan oleh Kabupaten Garut harus lebih lebih baik dibandingkan dengan kabupaten/kota lain.

“Jadi saya ingin Garut ini menjadi kabupaten maju, kabupaten yang diperhitungkan, dari yang terkecil yaitu dari desa, sebab sebetulnya pertumbuhan kehidupan atau ekonomi itu dari desa,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wanajaya, Iip Firman Nurdin, menyatakan rasa syukurnya atas dukungan langsung dari SKPD dan Pj Bupati Garut yang turut menginstruksikan agar kepala SKPD terlibat dalam persiapan. Tim _rechecking_ dari provinsi dijadwalkan akan mengunjungi Desa Wanajaya pada 26 September 2024.

BACA JUGA  Turunkan Limbah Batubara Di Duga B3 Di Tempat Bukan Semestinya, Sopir PT Tenang Jaya Sejahtera Ngaku Uang Jalan Tak Cukup

“Insha Allah ini akan terus dievaluasi terkait dengan kegiatan ini, bagaimana nanti pada hari verifikasi _recheking_ nanti di tanggal 26 ini betul-betul maksimal,” tutur Iip.

Iip menambahkan bahwa Desa Wanajaya telah menyiapkan beberapa inovasi, salah satunya adalah “Kampung Unggulan” dengan sarana dan prasarana yang bersih serta peraturan desa terkait kebersihan, keamanan, dan ketertiban (K3). Infrastruktur seperti CCTV juga direncanakan untuk memantau aktivitas masyarakat.

“Tadi saya sudah menyampaikan ke Pak Pj, ke Pak (Kepala) Bappeda, jadi saya minta dorongan minta dibangun infrastruktur untuk pembangunan pemasangan CCTV sebanyak 4 buah, untuk memantau kegiatan masyarakat yang ada di Kampung Unggulan tadi disini,” lanjutnya.

BACA JUGA  Pj. Wali Kota Cimahi Resmikan Pemasangan Sambungan Rumah (SR) Air Minum Tahun 2023

Dengan persiapan yang matang, Iip berharap keikutsertaan Desa Wanajaya dalam lomba ini dapat menjadi momentum untuk menjadikan desa lebih maju dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Garut, Sri Kartika Barnas Adjidin, meninjau langsung beberapa lokasi di Desa Wanajaya yang rencananya akan dikunjungi oleh tim _rechecking_. Sri berpesan agar masyarakat Desa Wanajaya beserta yang lainnya untuk memelihara segala hal yang sudah dipersiapkan, serta menjaga kebersihan dan keamanan di lingkungan masyarakat.(Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *