,

Foto Sang Proklamator Hormat Dengan Tangan Kiri di Baliho Bacalon Bupati Purwakarta, Kok Bisa?

oleh -94 Dilihat
oleh

Purwakarta – Jabar || Bramastanews.com_Entah sengaja atau tidak, baliho salah satu Bacalon Bupati Purwakarta berinisial BH, tuai pertanyaan di kalangan masyarakat.

Pasalnya, dalam baliho berukuran besar yang dipasang masif dibeberapa ruas jalan tersebut, terselip foto sang Proklamator yang sedang dalam sikap hormat, namun anehnya gunakan tangan kiri.

Beberapa masyarakat yang melihat hal itu saat ditanya awak media mengira hal itu hanyalah kesalahan dalam pencetakan saja, diantara mereka kepada awak media ada yang sampaikan,

“Ya..heran sih, kok Proklamator hormat pakai tangan kiri, mungkin salah cetak,” ujarnya.

Memberi hormat dengan tangan kiri pada umumnya merupakan tindakan tak pantas, sehingga hal itu tak mungkin pernah dilakukan sang proklamator semasa hidupnya.

Sikapi hal tersebut, seorang aktivis Purwakarta yang namanya enggan disebut sampaikan,

“Sangat disayangkan, baliho yang sertakan foto proklamator Ir.Sukarno ditampilkan dengan postur sikap sempurna namun hormat dengan tangan kiri, sebagai anak bangsa yang mencintai Proklamator, secara pribadi saya tidak terima, postur seperti itu adalah pelecehan bahkan penghinaan terhadap sang Proklamator yang merupakan pendiri bangsa,” ungkapnya.

“Bacalon yang pasang poto proklamator seperti itu harusnya ditanya, apa maksud dan tujuannya, apakah disengaja atau tidak, kan baliho serupa yang dipasang dengan kondisi seperti itu tentu bukan sedikit, harusnya yang bersangkutan bisa pertanggungjawabkan persoalan itu,” tambahnya kemudian.

Tata cara sikap sempurna hormat sebagaimana diketahui telah diatur salah satunya dengan Peraturan Pemerintah nomor 40 tahun 1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia.

Untuk mendapatkan informasi terkait hal itu, awak media kemudian berupaya hubungi sang Bacalon pada Minggu, 7 Juli 2024 melalui sambungan seluler, saat dikonfirmasi perihal tersebut, BH sampaikan bila hal itu terjadi karena ada kesalahan cetak, selanjutnya BH mengatakan jika mulai hari tadi sudah mulai dilakukan perbaikan.

“Salah cetak… sekarang mulai hari tadi sudah mulai perbaikan,” jelasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *