Ketum SMSI Pusat Buka Lokakarya HPN 2023

oleh -72 Dilihat

Indramayu-Jabar || bramastanews.com

 

Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat, Drs. Firdaus, M.Si membuka acara Lokakarya
yang digelar di aula Hotel Grand Trisula Kabupaten Indramayu, Minggu, 12 Februari 2023.

Lokakarya bertema “Kebijakan Pemerintah Terhadap Media Siber” itu,
digelar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023.

SMSI Perwakilan Indramayu sebagai panitia pelaksana menghadirkan sejumlah narasumber. Diantaranya Wakil Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya, Waketum SMSI Yono Hartono, Ketua DPRD Indramayu H. Syaefudin, Kapolres Indramayu AKBP. M. Fahri Siregar dan Kadiskominfo Aan Hendrajana.

Lokakarya itu juga dihadiri Dirut Perumda Tirta Darma Ayu Indramayu Ady Setiawan dan perwakilan Forkompimda, Sekretaris SMSI Jawa Barat Ahmad Syukri, Ketua SMSI Perwakilan Indramayu Ihsan Mahfudz beserta jajarannya, Kadis Kominfo Kabupaten Indramayu, sejumlah instansi terkait, insan pers dan organisasi masyarakat dan lainnya.

Ketum SMSI dalam sambutannya menjelaskan sejarah singkat berdirinya SMSI.

” SMSI lahir ditengah deskripsi pers yang berubah begitu cepat. Banyak peluang sekaligus tantangan yang akan dihadapi. Sehingga SMSI membentuk ekosistem. Diantaranya, Milenial Siber Indonesia, LBH-SMSI, Siber pertahanan dan Forum Pemred, ” katanya.

“Kalau kita tidak hidupkan ekosistem ini, mereka tidak akan kuat,” imbuhnya.

Firdaus pun menambahkan, jika SMSI merupakan organisasi terbesar, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

” Dengan jumlah anggota sekitar 2.000 perusahaan media, kita adalah yang terbesar,” jelasnya.

Karena itu, kata dia, organisasi sebesar SMSI sudah selayaknya mendapat perhatian dari pemerintah.

“Karena, jika tiba-tiba China ngajakin kita kerjasama kita mau juga,” candanya.

Sementara itu, Ketua SMSI Perwakilan Indramayu Ihsan Mahfudz menambahkan, kehadiran Ketua Umum SMSI Pusat dan Wakil Ketua Dewan Pers dalam lokakarya itu banyak memberikan pencerahan serta informasi yang belum diketahui oleh masyarakat Indramayu.

“SMSI merupakan organisasi yang tidak bisa di pandang sebelah mata.
Mudah-mudahan dari lokakarya ini dapat menghasilkan out put yang positif. Sehingga dapat memberikan manfaat. Baik untuk pemerintah kabupaten Indramayu maupun para pemilik media,” ujarnya.

Dari lokakarya ini, kata dia, nantinya SMSI Indramayu akan memberikan rekomendasi atas kebijakan-kebijakan pemerintah terhadap media digital.

“Kegiatan Lokakarya ini diharapkan memberikan manfaat kepada semua khususnya untuk kelangsungan industri pers digital di Indonesia. Termasuk rekomendasi hari ini yang diselenggarakan oleh SMSI Perwakilan Indramayu, akan kami sampaikan kepada pemerintah, dewan pers dan jajaran-jajaran lainnya bahwa SMSI Kabupaten Indramayu, konkrit memberikan fungsi dan tugas pers sebagaimana amanat undang-undang pers No 40 tahun 1999,” ungkapnya.

Pada acara Lokakarya itu, SMSI Perwakilan Indramayu memberikan penghargaan kepada Dirut Perumda Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu Ady Setiawan dan GM PT PLN Nusantara Power Up Indramayu sebagai “Pendukung Kemajuan Perusahaan Pers Digital.

Pada rangkaian kegiatan ini juga, Sekretaris SMSI Jawa Barat Ahmad Syukri menyerahkan secara simbolis rompi HPN SMSI kepada Ketua SMSI Perwakilan Indramayu Ihsan Mahfudz.

(***)