Pemkab Konkep kembali meraih UHC Award 2024 yang Ketiga Kalinya

oleh -58 Dilihat

Konkep, Bramasta News – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali meraih penghargaan cakupan jaminan kesehatan Universal Health Coverage (UHC) Awards tahun 2024 Kategori Madya dari Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin bersama Presiden International Social Security Association Muhammad Asman, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti kepada Bupati Konkep Ir.H Amrullah, MT  di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada Kamis, (8/8).

Kabupaten Konkep menjadi salah satu penerima penghargaan dari 460 kabupaten/kota se-Indonesia. UHC Award merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya.

BACA JUGA  Pemdes Wawoone Tunaikan Hak Masyarakat, Realisasikan BLT Tahap Awal.

Dengan di luncurkannya program JKN-KIS secara gratis untuk masyarakat yang di anggarkan melalui APBD Konkep menjadi salah satu faktor penilain pemerintah pusat kepada kabupaten Konkep sehingga layak untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Bupati Konkep mengatakan, penghargaan UHC, merupakan cita-cita dan menjadi impian bagi setiap pemerintah dan masyarakatnya, dengan meluncurkan program kesehatan secara gratis, masyarakat dapat merasakan kemerdekaan pembiayaan dan pemerataan dalam layananan kesehatan dengan kualitas pelayanan yang optimal di fasilitas kesehatan tingkat pertama, Puskesmas dan rumah sakit tanpa terkecuali.

BACA JUGA  Kolaborasi dan Sinergitas Media online Jabar Gali kemitraan dengan Kominfo Jabar

“Terimakasih juga buat seluruh OPD Konkep yang terus berkolaborasi dan bersinergi untuk Konkep yang berkembang kompetitif dan tangguh. karena berkat sinergi inilah Konawe Kepulauan dapat meraih penghargaan untuk yang pertama ini,” ungkapnya

Sekedar diketahui, Penghargaan bergengsi di bidang kesehatan tersebut merupakan penghargaan ketiga yang diraih Pemda Konkep, pertama diperoleh tahun 2019, kedua tahun 2023, dan yang terbaru tahun 2024 ini.

Di tempat yang berbeda, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Konkep, Bisman Abdullah merasa senang dan bangga atas keberhasilan Pemda Konkep meraih penghargaan UHC, sebab dari 17 Kabupaten/Kota di Sultra, Konkep menjadi salah satu daerah yang diganjar penghargaan UHC tahun ini.

BACA JUGA  Pesona Budaya Pesisir, Pentasnya Pelajar Dalam Menampilkan Budaya Seni Lokal.

“Tentu kami sangat bangga dengan prestasi yangg diperoleh Kabupaten Konawe Kepulauan,” ucap Bisman, Jumat (9/8/2024) di kutip dari edisiIndonesia.id

Bisman menjelaskan, daerah yang memperoleh penghargaan tersebut telah diverifikasi oleh pemerintah pusat untuk memastikan seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan dan perlindungan kesehatan yang teratur serta terarah.

“Untuk memperoleh piagam Universal Health Coverage (UHC) Award, setiap daerah harus secara konsisten melakukan upaya perlindungan kesehatan kepada masyarakatnya,” paparnya.**red.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *