H. Amrullah Paparkan Dana TKD Konkep Tahun 2024 Capai Rp. 549 Miliar Lebih.

oleh -52 Dilihat
Foto Bupati Konkep dan Istri (Kiri) bersama DJPb Prov Sultra, serta BKD Konkep (Kanan).

Konkep, Bramasta News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) bersama Kantor wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Audiensi dalam rangka kordinasi penyaluran dana Transfer Ke Daerah (TKD) tahun 2024, di pendopo rumah jabatan Bupati Konkep. Rabu (12/6/2024).

Bupati Konkep, H. Amrullah dalam sambutannya mengucapakan rasa terimakasih kepada Kanwil DJPb Prov Sultra dan KPPN Kendari karena telah mempercayai Kabupaten Konkep sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Koordinasi Penyaluran Dana Transfer ke Daerah.

“Tentu dengan koordinasi dan sosialisasi seperti ini, dapat memberikan manfaat kepada Kabupaten Konawe Kepulauan dalam pengelolaan dan penggunaan dana transfer untuk pembangunan Kabupaten Konawe Kepulauan, Wawonii Bangkit, Maju, Berkelanjutan,” ungkapnya, Rabu (12/6).

Ia mengatakan, penyaluran dana transfer ke daerah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat pemerataan pembangunan di daerah, olehnya itu diharapkan percepatan pembangunan dana transfer ke daerah dapat sesuai dengan tata kelola yang baik.

BACA JUGA  PT HM Sampoerna Tbk. Pekerjakan 200 Tenaga Ahli Dalam Negeri di Laboratorium R&D dengan Kapabilitas Sains Kelas Dunia

Disebutnya, tahun 2024 ini, Kabupaten Konkep menerima penyaluran Alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) sebesar Rp. 549.182.706.000 yang disalurkan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari.

Peserta Audiensi tentang Kordinasi penyaluran dana transfer ke daerah tahun 2024

Bupati dua periode itu menjelaskan, capaian nominal dana transfer tersebut, terdiri dari : Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp. 330.150.530.000. , Dana Bagi Hasil (DBH) RP.41.891.323.000, Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik sebesar Rp. 78.917.626.000,00, Dana Alokasi Khusus (DAK) Non fisik sebesar Rp. 34.942.006.000, dan Dana Desa Rp. 63.281.221.000,00.,-.

“Dana alokasi transfer ke daerah ini harus dapat kami gunakan dengan sebaik-baiknya dengan bersinergi untuk meningkatkan pelayanan publik dan memacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Konawe Kepulauan dengan penyaluran dana sebesar Rp. 549.182.706.000,” terangnya.

selanjutnya, ia pula memaparkan, Anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan percepatan pembangunan infrastruktur wilayah (Jalan lingkar dan Jembatan) tahun 2024 ini sebesar Rp. 301.765.696.570 atau 51,57 % dari total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Konkep 2024.

BACA JUGA  Cecep Trisnajayadi Sekda Konkep Tiga Periode Kembali di Kukuhkan Oleh Bupati.

Kemudian, lanjutnya, pada bidang kesehatan, perbaikan dan pembangunan infrastruktur layanan kesehatan dasar melalui pemberian layanan Jamkesmas secara gratis kepada masyarakat Wawonii Melalui BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan bagi perangkat desa sebesar Rp. 10.455.022.125,00., atau 1,79% dari APBD Konkep 2024.

“Atas hal ini pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan pada tahun 2023 yang lalu, mendapatkan penghargaan dua kali yakni Universal Health Coverage dari pemerintah pusat,” pungkasnya.

Selanjutnya,pada bidang Pendidikan, Pemerintah Kabupaten Konkep terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan Beasiswa Wawonii Cerdas kepada seluruh mahasiswa pulau Wawonii, di mana setiap tahunnya anggaran yang diberikan senilai Rp. 6.000.000.000.00,.

Kata dia, hal itu tentunya memberikan kontribusi positif setiap tahunnya dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia Kabupaten Konkep pada tahun 2023 posisi ke 13 dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA  Tingkatkan Sinergitas, Lapas Banjarbaru dan BNNK Banjarbaru Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama P4GN Pada Apel Hari Kesadaran Nasional

“Pada APBD perubahan tahun 2024, saat ini masih dalam tahapan penyusunan RKPD yang tentunya alokasi anggaran akan mengalami kenaikan belanja yang diperuntukkan pada belanja pegawai tambahan penghasilan pegawai TPP ASN, penanganan dampak inflasi, penanganan stunting, kemiskinan ekstrem, dan mendorong pembangunan produk dalam Negeri,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga terus berupaya dalam perbaikan pengelolaan keuangan daerah, yang terintegrasi melalui pengelolaan keuangan digital dengan pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Republik Indonesia (RI) dari Kementerian dalam Negeri.

Ia juga mengatakan, Pemkab Konkep akan terus komitmen untuk menjalin kerjasama dan berkoordinasi mengenai penggunaan dan pengelolaan penyaluran dana transfer ke daerah agar dapat terlaksana dengan baik.

“Semoga kerjasama yang telah terjalin baik selama ini dapat terus ditingkatkan untuk itu kami mengharapkan ke depan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan di masa yang akan datang,” harapnya.