Bimtek PPK dan PPS Hari Ketiga, Ketua KPU PALI Sampaikan Pesan Penting.

oleh -736 Dilihat

PALI – Sumatera Selatan Bramastanews.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih hari ketiga bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Talang Ubi, Jum’at (14/6/2024).

Kegiatan ini merupakan hari terakhir dari rangkaian Bimtek yang diselenggarakan sebagai persiapan menuju Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Penukal Abab Lematang Ilir tahun 2024. Bimtek ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan PPK dan PPS dalam melakukan pemutakhiran data pemilih.

BACA JUGA  BKD Konkep Sebut Enam Desa Terkendala Dalam Proses Pengajuan Pencairan ADD

Ketua KPU PALI Sunario, SE menekankan pentingnya profesionalisme dan integritas dalam melaksanakan tugas-tugas pemilihan umum yang akan datang. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan PPK dan PPS memiliki kemampuan konprehensif mengenai prosedur dan teknis pemutakhiran data pemilih sehingga dapat menghindari kesalahan dan memastikan data pemilih yang akurat dan valid.

Fokus utama dalam pelatihan ini adalah penggunaan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dan Elektronik Pencocokan dan Penelitian (E-Coklit). Dengan aplikasi ini, diharapkan proses pemutakhiran data pemilih dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat.

BACA JUGA  PPS Desa Karang Agung Kecamatan Abab Umumkan Penerimaan Pantarlih/PPDP

Selanjutnya, Komisioner KPU PALI Dodi Saputra, S.Pd. menekankan pentingnya kerja sama yang baik dan memastikan daftar pemilih yang disusun adalah akurat dan valid.

“Diharapkan kepada PPK dan PPS dapat bekerja sama dengan baik dalam menyusun data data pemilih. karena data pemilih merupakan titik awal dalam mensukseskan Pilkada nantinya. Dengan menggunakan aplikasi Sidalih dan E-Coklit, kita berharap dapat meminimalisir kesalahan dan memastikan data yang valid,” ujarnya.

Peserta Bimtek terlihat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Mereka dilatih secara langsung mengenai cara pengoperasian aplikasi Sidalih dan E-Coklit, serta diberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya data pemilih yang akurat dalam proses pemilu.

BACA JUGA  Sekretaris IPHI Jawa Timur : Buah Puasa Itu Taqwa

Dodi juga berpesan kepada masyarakat agar selalu aktif dalam melakukan pengecekan datanya di Chek DPT online dan juga bisa ditanyakan kepada petugas PPS di wilayahnya masing – masing.

Sebagai penutup, KPU Kabupaten PALI mengapresiasi semangat dan partisipasi aktif semua peserta selama Bimtek, berharap bahwa ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh akan diterapkan dengan baik demi suksesnya pemilu yang adil dan transparan.(Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *