Membangun Desa Melalui Program Inkubator Bisnis, PHE Ogan Komering Mengajak Pemuda Ciptakan Ide Wirausaha Kreatif

oleh -44 Dilihat

OKU-SUMSEL BramastaNews.Com PT Pertamina Hulu Energi Ogan Komering kembali menginisiasi program bagi para pemuda dan pemudi melalui kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta (Gerakan Masyarakat Mandiri Generasi Bertalenta) di Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu. 12 Mei 2024, Dengan mengandeng Karang Taruna dari desa di sekitar Wilayah Kerja Perusahaan.

Kegiatan Ikubator Bisnis Gema Magenta (Gerakan Masyarakat Mandiri Generasi Bertalenta) diinisiasi sebagai wadah untuk meningkatkan minat kewirausahaan bagi pemuda dan pemudi di sekitar Kecamatan Peninjauan serta terciptanya ide bisnis kreatif.

Rangkaian kegiatan terdiri dari pelatihan kewirausahaan hingga mentoring bisnis. Diawali dengan peserta diberikan materi awal bagaimana menemukan ide bisnis serta menyusun perencanaan bisnis yang dianalisis dari kebutuhan dan permasalahan sekitar sehingga diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta juga dibimbing langsung oleh praktisi yang aktif dan berkompeten dalam bidang pengembangan bisnis. Kemudian dari ide bisnis yang baik, mampu meningkatkan kemajuan baik bagi desa hingga kepada kecamatan dan berpotensi, akan diberikan pembimbingan lebih oleh praktisi dan diberikan bantuan dana bisnis untuk mengambangkan bisnisnya.

BACA JUGA  MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bekasi Gelar Rapat Pleno I

Peserta Kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta ini berasal dari beberapa desa seperti Desa Bindu, Desa Karang Dapo, Desa Mendala, Desa Peninjauan, Desa Saung Naga, Desa Penilikan, Desa Makartitama, Desa Makarti Jaya, dan Desa Mitra Kencana yang merupakan desa yang berada di Ring 1 Perusahaan.

Muji selaku Sekretaris Camat Peninjauan sangat mendukung kegiatan ini karena dengan adanya kegiatan ini pemuda sekitar Kecamatan Peninjauan memiliki wadah untuk mengembangkan kapasitas diri di bidang kewirausahaan.

“Kami selaku pemerintah Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu mengucapkan terima kasih atas kepedualian Pertamina Hulu Energi Ogan Komering karena dengan adanya kegiatan ini para pemuda menjadi lebih aktif. Harapannya melalui kegiatan ini akan mencetak generasi wirausahawan bagi pemuda dan pemudi di Kecamatan Peninjauan” ucap Muji selaku Sekretaris Camat Peninjauan.

BACA JUGA  Diduga ada ladang Pungli di SDN Kertamukti 01 Cibitung 

Melalui kegiatan ini pula, Pertamina Hulu Energi Ogan Komering juga mendukung tercapainya SDG’s nomor delapan, yaitu Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.  Tujuan jangka pendek dari program ini adalah untuk menumbuhkembangkan pola pikir, kreativitas, serta kemandirian dari para pemuda dan pemudi dari tingkat desa. Sedangkan, tujuan jangka panjangnya adalah terciptanya lapangan pekerjaan yang diinisiasi oleh pemuda dan pemudi itu sendiri serta pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat.

Field Manager Pertamina Hulu Energi Ogan Komering menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai kepedulian perusahaan terhadap perkembangan perekonomian Desa dan Kecamatan di Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

BACA JUGA  Organisasi Media Online Jawa Barat Berbenah dan Mencoba Menjalin Mitra Untuk Kabupaten dan Kota di Jawa Barat

Diharapkan melalui kegiatan ini menjadi awal hadirnya para wirausahawan muda dan peningkatan kualitas dari para pemuda dan pemudi desa di sekitar perusahaan.

“Kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta diharapkan menjadi langkah awal terciptanya lapangan kerja baru dan wirausahawan kreatif dengan memaksimalkan potensi lokal” ucap Alamsyah selaku Field Manager Pertamina Hulu Energi Ogan Komering. Ad/red