Wawancara Eksklusif dengan IDX Channel, CEO RevComm: AI Dapat Tingkatkan Produktivitas dan Penjualan Bisnis

oleh -39 Dilihat
oleh

Founder dan CEO RevComm, Takeshi Aida, secara eksklusif melakukan wawancara dengan IDX Channel tentang pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan dalam bisnis.

Takeshi Aida, Founder dan CEO RevComm dalam wawancara eksklusif bersama IDX Channel

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) menjadi teknologi yang berkembang pesat saat ini. RevComm, satu-satunya perusahaan Asia dalam daftar The AI 50 2023 oleh Forbes, mengoptimalkan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan bisnis. Hal tersebut diwujudkan dalam inovasinya, MiiTel, sebuah alat analisis percakapan berbasis AI yang dapat digunakan untuk percakapan telepon, online meeting, dan tatap muka.

Founder dan Chief Executive Officer (CEO) RevComm, Takeshi Aida, dalam wawancara eksklusif bersama IDX Channel pada 15 Februari 2023 lalu mengungkapkan bagaimana MiiTel sebagai teknologi berbasis AI dapat membantu bisnis.

RevComm Ciptakan MiiTel dan Jadi Satu-satunya Perusahaan Asia dalam Forbes AI 50 2023

Image

Bisakah Anda ceritakan tentang bisnis RevComm dan produk apa yang dibuat?

RevComm adalah perusahaan B2B SaaS (software-as-a-service). Kami menyediakan alat analisis suara berbasis kecerdasan buatan (AI) yang bernama MiiTel. RevComm adalah satu-satunya perusahaan AI dari Asia yang terpilih dalam daftar Top AI 50 oleh Forbes dan Sequoia, bersama dengan Chat GPT OpenAI, Midjourney, Cohere, dan lainnya. 

MiiTel adalah alat analisis suara berbasis AI, sehingga itu bisa menganalisis apa dan bagaimana percakapan antara perwakilan perusahaan dengan pelanggan, atasan dengan karyawan, dan siapapun itu, baik komunikasi internal maupun eksternal. Kami mengoptimalkan percakapan untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Kini kami memiliki lebih dari 60.000 pengguna di seluruh dunia yang berbasis di Jepang, Indonesia, Amerika Serikat, dan Filipina. 

Perusahaan seperti apa yang menjadi pelanggan setia dari MiiTel?

MiiTel dapat dioptimalkan untuk bisnis apapun  dan di tingkat apapun, mulai dari tingkat eksekutif, supervisor, management hingga player. Namun, MiiTel memang sangat cocok untuk bisnis yang melibatkan komunikasi verbal melalui telepon, online meeting, dan interaksi langsung (face-to-face). Secara khusus, MiiTel kompatibel untuk mendukung aktivitas Sales dan Call Center yang secara langsung berdampak pada penjualan dan kepuasan pelanggan, misalnya seperti industri real estate, asuransi, keuangan, perbankan, yang mana mereka banyak melakukan komunikasi via telepon, online meeting, dan tatap muka. Oleh karena itu, MiiTel dapat berkontribusi untuk meningkatkan konversi penjualan, Net Promoter Score (NPS), tingkat kepuasan pelanggan, tingkat kepuasan karyawan, dan berbagai jenis KPI seperti itu.

Salah satu hal menarik dari MiiTel adalah kemampuannya untuk mentranskripsi percakapan antara petugas call center dengan pelanggan, sehingga mampu memudahkan pekerjaan supervisor. Lantas, bagaimana MiiTel diterima oleh pasar selama ini?

MiiTel telah memiliki lebih dari 60.000 pelanggan di seluruh dunia hanya dalam kurun waktu lima tahun. Jadi hal tersebut memberitahu kami bahwa pasar menerima MiiTel dengan sangat baik dan kami telah mampu berkontribusi untuk meningkatkan penjualan mereka serta menurunkan biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan. 

BACA JUGA  Priska Sahanaya Mengajarkan Trik Public Speaking yang Persuasif di SMK Bina Karya

Terkait dengan transkripsi, ketika sebuah percakapan ditranskripsi, lantas apa selanjutnya? Perusahaan perlu merangkumnya kemudian memasukkannya ke CRM atau sistem apapun. Melalui MiiTel, petugas tidak perlu memasukkan hasil panggilan tersebut secara manual dan secara tidak langsung juga meningkatkan produktivitas. Terlebih ketika informasi panggilan tersebut dapat dibagikan dengan mudah maka dapat mengurangi risiko bias informasi.

Selalu Perbarui Fungsi MiiTel untuk Penuhi Kebutuhan Pelanggan

Image

Bagaimana MiiTel berdampak pada pengembangan bisnis pengguna?

Kami membangun sistem kami sendiri sejak awal. Saat ini kami telah memiliki sekitar 300 karyawan di seluruh dunia, dan 120 di antaranya adalah engineer. Kami terus memperbarui sistem kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, misalnya kami tidak hanya menghasilkan data terkait apa yang harus dibicarakan dalam melakukan komunikasi, namun juga bagaimana cara bicara yang juga mempengaruhi hasil panggilan atau penjualan, seperti talk ratio, number of silences, interruptions, dan speech rate. Faktor-faktor tersebut sangat mempengaruhi hasil penjualan. Jadi berdasarkan suara pelanggan, kami memperbarui fungsi-fungsi ini untuk meningkatkan nilai ekonomi pelanggan.

Bagaimana sistem kerja antara RevComm dengan klien? Dan berapa kisaran biaya layanan untuk menggunakan MiiTel sebagai aplikasi untuk bisnis mereka?

MiiTel dapat digunakan dengan sistem berlangganan, karena kami adalah solusi SaaS. Harganya mulai dari Rp 400.000 saja, harga yang termasuk murah mengingat nilai ekonomi yang bisa didapatkan perusahaan melalui MiiTel. 

BACA JUGA  Mengapa Menjamin Keamanan Data; Hal Krusial bagi Perusahaan Maupun Pelaku Bisnis?

Bagaimana jaminan keamanan data klien yang diproses untuk layanan Anda?

RevComm mematuhi Information Security Management System (ISMS) dan General Data Protection Regulation (GDPR), di mana banyak perusahaan menggunakan itu juga. Kami mengenkripsi seluruh data dan menyimpan data secara lokal, sehingga itu sepenuhnya sesuai dengan standar keamanan perusahaan.

MiiTel Transformasikan Data Suara Menjadi Aset Bernilai untuk Bisnis

Image

Apa target RevComm dengan MiiTel di masa depan?

Kami berkomitmen dalam jangka pendek MiiTel dapat berdampak terhadap keuntungan bisnis dengan meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Dalam jangka menengah dan panjang, apa yang kami lakukan secara intrinsik adalah mewujudkan dampak dengan mengubah data suara menjadi data yang praktis dan dapat dijadikan aset bernilai untuk bisnis.

Misi kami adalah untuk reinvent communication to build a society where people think of others. Dengan meningkatkan produktivitas, kami ingin menciptakan masyarakat di mana orang-orang lain peduli terhadap sesamanya dan menciptakan komunikasi yang sebenarnya.

MiiTel kini tersedia di Jepang, Amerika Serikat, Indonesia, dan Filipina. Klaim FREE demo sekarang di miitel.id, kuota terbatas!

Image

Saksikan wawancara selengkapnya di Youtube IDX Channel

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Penulis: Editor

Gambar Gravatar
Direktur Di PT. Internusa Media Group