Gelar Pembukaan MTQ ke-VI, Sebagai Wahana Menciptakan Tilawatil Quran Yang Handal

oleh -128 Dilihat
Sekda Konkep saat melakukan mengambil sumpah dewan hakim (juri) MTQ mi

Konkep, Bramasta News.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar pembukaan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke VI tingkat kabupaten Konkep bertajuk menegakkan pengamalan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan bermasyarakat menuju Wawonii Bangkit (Berkembang, Kompetitif dan Tangguh). Selasa (5/3).

Kegiatan yang diselenggarakan di pelataran TPI Langara itu,di hadiri langsung oleh Forkopimda konkep, Sekda Konkep, Kepala OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Konkep,dan dan Dewan Hakim MTQ .

Bupati Konkep H. Amrullah melalui Sekretaris Daerah konkep, Cecep Trisnajayadi mengatakan, kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Konkep yang ke-VI ini diharapkan dapat menumbuhkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk bisa mengamalkan pemahaman Al-Quran di dalam dunia nyata serta dapat menjalin hubungan silaturahmi sesama umat beragama.

BACA JUGA  Isra' Mi'raj Di Madrasah Al - Ikhlas Bandung Berlangsung Meriah

“Sebagai sesama umat beragama tetap ciptakan rasa saling menghargai menghormati dan ciptakan rasa aman, rasa nyaman dan damai pada setiap masyarakat yang ada di Kabupaten konkep sama-sama kita cintai dan banggakan ini,” jelasnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka serta nilai-nilai silaturahim dan kebersamaan yang tercipta antara kafilah di arena MTQ dapat terus terjaga hingga mengalahkan semangat dalam berlomba untuk meraih juara.

“Selain itu, juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslim dan muslimah hal ini sangat sesuai dengan tema penyelenggaraan MTQ tahun ini yaitu menegakkan pengamalan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan bermasyarakat menuju Wawonii bangkit berkembang kompetitif dan tangguh,” kata ia.

BACA JUGA  KPU Konkep Gelar Tes Wawancara Pada Ratusan Anggota PPS

Iya berpesan agar perlombaan tersebut tetap mengedepankan rasa solidaritas dan persaudaraan di atas segala-galanya, karena menurutnya tujuan utama penyelenggaraan tiki tidak sekedar untuk menjadi juara melainkan menumbuhkan kecintaan terhadap Alquran sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hai

Peserta Hafila kecamatan Wawonii Selatan saat memasuki gerbang

Ketua Panitia Andi Muhammad Lutfi melalui Kemenag Konkep, Hasrun Taleo dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut sebagai wahana untuk menseleksi peserta Tilawatil Quran yang handal, yang akan menjadi perwakilan Konkep di tingkat Sultra pada April 2024 mendatang di Kabupaten Konawe Utra.

“Pelaksanaan MTQ yang ke-VI ini bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam, melalui kegiatan seni baca Al-Quran kita tingkatkan minat masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta, gemar dan ikhlas membaca Al-Quran serta memahami isi kandungannya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

BACA JUGA  Resmi di umumkan KPU, Begini Persyaratan Cabup dan Cawabup Konkep.

Disebutnya panitia penyelenggara MTQ kali ini, terdiri dari unsur LPTQ Kabupaten Konkep, Pemda konkep dan Kemenag Konkep.

Berikut beberapa jenis cabang yang akan di perlombakan pada MTQ tingkat Kabupaten Konkep kali ini

  1. cabang seni baca Alquran terdiri dari : golongan tartil Alquran golongan tilawah anak-anak golongan tilawah remaja dan golongan tilawah dewasa
  2. Cabang qiraat Alquran terdiri dari golongan qiraat mujawbat dewasa golongan Qiraat Murattal remaja dan golongan Qiraat Murattal dewasa.
  3. Cabang hafalan Al-Quran terdiri dari golongan 1 juz dan tilawah golongan 5 juz dan tilawah golongan 10 juz 20 juz dan 30 juz.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *