Menjaga Keamanan TPS Pemilu 2024 Kolaborasi KPU dan Satpol PP Kabupaten Bekasi dalam Penempatan Personel Linmas

oleh -44 Dilihat
oleh

Kabupaten Bekasi || bramastanews.com ·

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Satpol PP untuk mencapai sinergi dalam menurunkan Satuan Pelindung Masyarakat (Linmas) dalam upaya meningkatkan keamanan di 8.417 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024.

Ali Rido, Ketua KPU Kabupaten Bekasi, mengungkapkan bahwa setelah rekrutmen KPPS selesai pada tanggal 28 Desember 2023, pihaknya berkoordinasi dengan Satpol PP untuk mendapatkan dua orang personel Linmas di setiap TPS guna membantu menjaga keamanan.

“Dalam panduan pelaksanaannya, dua orang Linmas ini benar-benar merupakan penambahan dalam pengamanan. Setelah kita melakukan koordinasi, hasilnya sangat positif,” jelas Ali Rido di kantornya pada hari Selasa tanggal 9 Januari 2023.

Ali Rido menambahkan bahwa dalam pelaksanaannya nanti, Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Satpol PP akan menyampaikan pengaturan terkait Linmas kepada Kepala Desa agar dapat merekrut dua orang tambahan dari KPPS.

BACA JUGA  DLH Konkep Apresiasi PT. GKP Lakukan Reklamasi Lahan

“Hingga saat ini, kami masih terus berkoordinasi agar target dua orang Linmas per TPS dapat terpenuhi,” imbuhnya.

Ali Ridu menyatakan bahwa langkah ini akan menjadi faktor penunjang bagi kesuksesan Pemilu 2024. Salah satu indikatornya adalah keberhasilan Pemilu dalam mewujudkan kondisi yang bebas dari praktek politik uang. Selain itu, keberlangsungan Pemilu yang aman dan terhindar dari peristiwa yang tidak diinginkan juga merupakan indikator penting. Terakhir, kualitas hasil Pemilu, baik dalam hal legislatif, Presiden, Wakil Presiden, maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD), akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Tekad penuh dari KPU Kabupaten Bekasi untuk menjalankan Pemilu 2024 dengan sukses adalah alasan utama dibentuknya kerja sama ini. Dengan adanya bantuan dari Satpol PP yang menurunkan personel Linmas di setiap TPS, diharapkan kualitas pelaksanaan Pemilu dapat ditingkatkan.

BACA JUGA  Menjawab Fitnah Pengerdilan Kebebasan Pers

Kolaborasi antara KPU Kabupaten Bekasi dan Satpol PP dalam menetapkan petugas Linmas menjadi bentuk nyata dari upaya bersama untuk menyediakan lingkungan yang kondusif agar pemilih dapat memberikan suara mereka dengan aman dan tenang. Selain itu, adanya pengamanan yang baik juga penting dalam mencegah segala bentuk intervensi atau gangguan yang dapat mempengaruhi integritas proses demokrasi.

Pemerintah Kabupaten Bekasi dan KPU Kabupaten Bekasi sangat mengapresiasi peran serta Kepala Desa dalam merekrut personel Linmas tambahan ini. Proses seleksi yang hati-hati dan profesional akan menjaga kualifikasi dan kinerja Linmas agar dapat berfungsi dengan baik dalam menjalankan tugasnya. Mereka juga akan mendapatkan pelatihan dan panduan yang komprehensif serta didukung oleh semua pihak terkait.

Dalam rangka menciptakan Pemilu yang berkualitas, partisipasi semua pemangku kepentingan merupakan hal yang sangat penting. Kehadiran Linmas sebagai mitra KPPS di lapangan diharapkan dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan percaya diri bagi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya.

BACA JUGA  Lapas Banjarbaru Raih Penghargaan Terbaik Kedua Pemediaan/Pengelolaan Media Sosial Pada Rakor Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2022 Kanwil Kemenkumham Kalsel

KPU Kabupaten Bekasi menghimbau seluruh masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024. Dalam menjalankan tugasnya, Linmas akan bekerja sama dengan pihak keamanan lainnya guna menjaga situasi tetap kondusif dan menghindari tindakan yang mengganggu kelancaran proses demokrasi.

Pemilu adalah saat yang sangat penting bagi negara kita. Melalui peran aktif dari semua pihak dan sinergi antara KPU, Pemerintah Kabupaten Bekasi, Satpol PP, dan Linmas, kami yakin bahwa Pemilu 2024 akan berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat.

“Marilah kita jaga integritas dan keberlanjutan demokrasi kita dengan melaksanakan Pemilu secara aman, jujur, dan berkualitas,” tutup Ali Rido dengan semangat. (Red)

Penulis: Editor

Gambar Gravatar
Direktur Di PT. Internusa Media Group