Tindaklanjuti Keluhan Warga Komisi III DPRD Purwakarta Kunjungi Sungai SI Cisomang Di Desa Depok-Darangdan

oleh -112 Dilihat

Purwakarta-Jabar || Bramastanews.com

Komisi III DPRD Purwakarta lakukan kunjungan kerja untuk tindaklanjuti pengaduan warga pada Rabu 30/8/2023 ke lokasi aliran sungai SI Cisomang.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut pihak dari PSDA Provinsi bersama jajaran dan Camat Darangdan Ali Idrus bersama Kepala Desa Depok.

Komisi III DPRD Purwakarta melalui Sekretarisnya Rifki Fauzi SH, yang dikenal aktif perjuangkan kepentingan warga di dapil 4 terutama Desa Depok menjelaskan jika kedatangannya tersebut merupakan tindak lanjut dari pengaduan warga.

“Alhamdulillah pada kunjungan kami ini turut hadir juga dari PSDA provinsi selaku pemegang kewenangan aliran sungai SI Cisomang ini, semoga saja di akhir tahun ini bisa segera di adakan perbaikan, ucapnya.”

Menurut Supriyono, Ketua Gabungan Kelompok Tani di Desa Depok,

“Kami bermusyawarah dengan para petani lainnya membahas kerusakan sungai SI Cisomang ini sejak lama, dan akhirnya sepakat untuk meminta bantuan Komisi III DPRD Purwakarta untuk menyampaikan aspirasi kami dan mendorong adanya perbaikan sebab kondisinya rusak parah”

“Alhamdulillah hari ini Komisi III datang langsung ke lokasi untuk mengecek kondisinya, mudah mudahan saja segera ada realisasi untuk perbaikannya, tambahnya kemudian.”

Kondisi sungai atau irigasi SI Cisomang memang sudah sangat memprihatinkan, kerusakan yang terjadi hampir di sepanjang aliran terutama di sekitar Kampung Nanggeleng sampai ke Kampung Cinutug yang masih berada di wilayah Desa Depok.

Beberapa jenis kerusakan yang terjadi diantaranya,

1). Kerusakan konstruksi bangunan sungai.
2). Adanya perubahan bentuk permukaan tanah berupa amblasnya sebagian permukaan di duga berkaitan dengan adanya pipa PDAM
3). Pendangkalan sungai di sepanjang aliran dari mulai Kampung Curug Rt 01 sampai Kampung Cinutug.
4). Tumpukan sampah yang menggunung di di RT 02 Kampung Nanggeleng yang berpotensi sebabkan rapuhnya kostur tanah di sekitar sungai.
5). Kerusakan bagian pasangan pondasi sungai sebabkan aliran air keluar dari jalur melalui lubang yang akibatkan berkurangnya debit air ke wilayah hilir.
6).Tumbuhnya rumput dan ilalang di sekitar sungai memberikan kesan tidak maksimalnya pemeliharaan.

Oleh sebab itu masyarakat di sekitar bantaran sungai dan para petani berharap agar perbaikan yang direncanakan segera di realisasi agar tercipta kondisi terpenuhinya suplai air terutama ke wilayah hilir.

Perbaikan saluran sungai juga diharapkan turut menertibkan tumpukan sampah di sekitar Kampung Nanggeleng yang semakin hari makin menumpuk.

(***)