,

Membanggakan, Atlet Kabupaten Bekasi Sumbang 14 Medali di SEA Games Kamboja 2023

oleh -112 Dilihat

CIKARANG PUSAT ||BRAMASTANEWS.COM – Sejumlah atlet asal Kabupaten Bekasi sukses mengharumkan nama Indonesia di ajang SEA Games Kamboja 2023 dengan menyumbangkan 14 medali untuk kontingen merah putih. Dari jumlah tersebut, empat diantaranya medali emas.

 

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengapresiasi peningkatan capaian atlet Kabupaten Bekasi di ajang SEA Games meski sejumlah cabang olahraga unggulan tidak dipertandingkan di Kamboja.

 

“Ya, prestasi yang membanggakan. Di SEA Games Kamboja atlet-atlet kita mampu menyumbang empat medali emas untuk Indonesia. Waktu di SEA Games Vietnam kita menyumbang tiga emas. Jadi ada peningkatan. Itu pun di luar nomor unggulan kita seperti menembak dan catur yang tidak dimainkan,” kata Iman, Rabu (17/05/2023).

 

Iman mengatakan, akan segera melaporkan hasil pencapaian tersebut kepada Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, termasuk menyangkut pemberian apresiasi bagi atlet berprestasi di ajang SEA Games Kamboja.

 

Ketua KONI Kabupaten Bekasi, Reza Luthfi Hasan mengaku bangga atas perjuangan atlet Kabupaten Bekasi di SEA Games Kamboja yang digelar 5-17 Mei 2023.

BACA JUGA  KOMPI Desak KONI Kabupaten Bekasi Klarifikasi Terkait Kisruh Atlet

 

“Apresiasi atas capaian prestasi atlet yang membanggakan, berjuang dengan luar biasa, menjaga harga diri Indonesia, Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bekasi,” kata Reza.

 

Reza menuturkan, dari 19 atlet Kabupaten Bekasi yang berlaga di ajang olahraga multi event terbesar se-Asia Tenggara itu, empat keping medali emas berhasil raih. Medali emas pertama dari Alam Fajar Kusuma bersama pada cabang olahraga (Cabor) hoki indoor putra.

 

Medali emas kedua, dipersembahkan Asep Yuldan Sani yang turun di nomor beregu putra artistik pencak silat. Emas ketiga, di raih Sendiaga Putra bersama Tedy Hidayat dan Mochamad Martin Ramadhan pada cabor Kun Bokator. Kemudian medali emas ke empat dipersembahkan Hendra Kurniawan dan Boy Arnes bersama tim voli indoor putra.

 

Selain empat emas, atlet Kabupaten Bekasi juga menyabet dua medali perak masing-masing dari Ayu Puspa Dewi dari cabang olahraga wushu nomor perorangan nanquan putri serta Raqiel Az Zahra di nomor perorangan 400 meter putri renang sirip atau fin swimming.

BACA JUGA  Bekasi United Kumpulkan 4 Point di Piala Soeratin Jabar U-15 Tahun 2023

 

Tak hanya itu, delapan medali perunggu juga berhasil disumbangkan, antara lain dua perunggu dari Muhammad Dwiky Raharjo di cabang renang perorangan 50 meter gaya dada putra serta nomor beregu estafet 4×100 gaya ganti putra.

 

Dua medali perunggu lainnya berhasil dikemas Ana Rahayu dan Anisa Yulistiawan di cabang dayung nomor traditional boat race 250 meter serta pada nomor 800 meter.

 

Kemudian Randy Arbenata di cabang olahraga golf beregu putra, Sely Amalia dan Patmawati di hoki indoor putri, Selfiah Pertiwi nomor beregu Kun Bakator, serta Sendiaga Putra dan Mochamad Martin Ramadhan di cabang Kun Bakator nomor campuran.

 

“Semoga prestasi ini mampu menjadi stimulus para junior sekaligus memacu semangat seluruh atlet kami yang dipersiapkan menuju Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat ke XV tahun 2026 serta seleksi PON XXI Sumatera Utara dan Aceh 2025,” kata Reza.

BACA JUGA  Wujudkan Mimpinya Messi Membawa Argentina Menjadi Juara Dunia FIFA Qatar 2022

 

Sementara itu, peraih medali SEA Games 2023 dari pencak silat, Asep Yuldan Sani mengaku bangga bisa mempersembahkan medali emas dan berharap prestasi Indonesia ke depan dapat ditingkatkan meski sudah memenuhi target yang dibebankan.

 

“Mudah-mudahan prestasi Indonesia bisa lebih naik lagi, bisa peringkat dua di SEA Games Thailand mendatang. Dan pencak silat bisa mempertahankan juara umum. Kita kemarin dapat sembilan emas, enam perak, serta satu perunggu dari 17 nomor yang diikuti,” katanya.

 

Asep berpesan kepada para atlet Kabupaten Bekasi agar terus berlatih dan jangan menyerah hingga mampu mencapai presstasi tertinggi baik tingkat daerah, provinsi, nasional maupun internasional.

 

“Saya berharap ke depan atlet-atlet Kabupaten Bekasi lebih banyak lagi yang bisa membela Indonesia, terus berlatih dan tetap semangat,” imbuhnya.