Mudik Lebaran dan Istilahnya

oleh -100 Dilihat
oleh

Lebaran bagi umat muslim adalah perayaan hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama satu (1) bulan dalam kalender Hijriyah di bulan ramdhan.

Momen yang penuh dengan kebahagian dan suka ria di hari yang fitri, dan dijadikan ajang untuk saling memaafkan satu dengan lainnya.

Bagi umat muslim yang memiliki sanak saudara yang jauh dari orang tua, saudara, kerabat sanak famili lainnya juga teman masa kecilnya dengan kondisi merantau atau bekerja didaerah lainnya, menjadikan hari raya lebaran ini untuk menemui atau pulang menengok untuk datang kembali beberapa saat yang disebut dengan istilah MUDIK.

Dilansir oleh kabarnusa24.com dari ugm.ac.id
Tradisi Mudik Mulai Dikenal Sejak Era 1970 an
Mudik menjadi istilah yang umum dipakai untuk menggambarkan kegiatan seseorang pulang ke kampung halaman. Tradisi ini dipakai bagi umat muslim yang merayakan momen lebaran Idul fitri di tanah kelahirannya. Tahukah Anda bahwa istilah mudik berasal dari kata udik. Diambil dari bahasa melayu udik yang artinya hulu atau ujung. Sebab, pada masyarakat Melayu yang tinggal di hulu sungai pada masa lampau sering bepergian ke hilir sungai menggunakan perahu atau biduk. Setelah selesai urusannya, maka kembali pulang ke hulu pada sore harinya.

BACA JUGA  Pj. Bupati Yudia Ramli Kagumi Suhajar Diantoro, Wakil Rektor Baru IPDN

“Berasal dari bahasa Melayu, udik. Konteksnya pergi ke muara dan kemudian pulang kampung. Saat orang mulai merantau karena ada pertumbuhan di kota, kata mudik mulai dikenal dan dipertahankan hingga sekarang saat mereka kembali ke kampungnya,”kata Antropolog UGM, Prof Heddy Shri Ahimsa-Putra, Selasa (26/4).

Menurut Heddy, istilah mudik mulai dikenal luas di era tahun 1970-an, setelah pada masa orde baru melakukan pembangunan pusat pertumbuhan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan yang menyebabkan orang melakukan urbanisasi pindah ke kota untuk menetap dan mencari pekerjaan. Ia menuturkan, mereka yang bekerja dan hidup di kota. Lama lepas dari kerabatnya. Padahal selama di desa bisa dekat dengan kerabat.

BACA JUGA  Peran UMKM menjadi Prioritas BN Holik, untuk Kesejahteraan Masyarakat

“Kangen pasti. Menunggu libur yang agak panjang agar bisa kumpul sangat ditunggu. Karena kita di Indonesia masyarakat muslim yang paling banyak maka lebaran Idulfitri jadi pilihan. Berbeda di Amerika dan Eropa, warganya banyak pulang kampung saat perayaan thanksgiving atau perayaan natal. Sementara di kita ya Idulfitri,” paparnya.

Akan tetapi mudik bagi sebagian orang bukan semata-mata untuk ajang kumpul keluarga. Namun, juga menjadi ajang bagi sebagian orang untuk pamer atas keberhasilan mereka di tanah perantauan.“Motivasi lain karena ingin menunjukkan ia sudah berhasil secara ekonomi,”katanya.

BACA JUGA  DPC PKS Karang Bahagia Relawan Anies Membagikan Balon Cinta Bertuliskan Amin Dan PKS Ke Peserta Gowes

Demikian insyaalloh bermanfaat

(srm)

Penulis: Editor

Gambar Gravatar
Direktur Di PT. Internusa Media Group