Momen Indah Buka Puasa Bersama Warga Binaan di Lapas Narkotika Karang Intan

oleh -73 Dilihat

Karang Intan || Bramastanews.com

 

Berbuka puasa bersama menjadi momen kebersamaan yang mampu mengeratkan hubungan kekeluargaan satu sama lain antar Warga Binaan. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, pada Ramadan 1444 hijriyah gelar kegiatan buka bersama setiap hari di Masjid At-Taubah yang diikuti puluhan Warga Binaan.

“Buka puasa bersama ini untuk mempererat silaturahmi di antara Warga Binaan, juga dengan petugas yang melakukan pendampingan pelaksanaan kegiatan. Ada 27 Warga Binaan yang setiap harinya mengikuti buka bersama, yang terlebih dahulu diawali dengan pembacaan yasin tahlil dan zikir,” ungkap Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo, Senin (10/4/2023).

Lebih lanjut Kalapas mengungkapkan, kegiatan buka bersama ini bentuk penawar rindu Warga Binaan akan momen berkumpul dan berbuka puasa bersama dengan orang-orang terkasih ketika berada di luar dulu, kini keadaan yang membuat mereka harus bersabar untuk menikmati saat-saat tersebut.

“Kita menghadirkan suasana kekeluargaan di Lapas Narkotika Karang Intan, agar mereka menjalani ibadah puasa selama Ramadan tetap merasakan momen kekeluargaan dan berkesan meski di tengah keterbatasan dan kesederhanaan,” sambung Kalapas.

Salah seorang Warga Binaan Bahrian Noor mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti buka puasa bersama yang dilangsungkan Lapas Narkotika Karang Intan.

“Sangat bersyukur bisa ikut buka bersama di masjid dan bisa mengikuti kegiatan sebelum waktu berbuka seperti membaca surah yasin tahlil dan setelah berbuka juga bisa langsung salat berjamaah,” ujarnya.

Kegiatan buka bersama untuk Warga Binaan bukan tahun pertama dilangsungkan, namun telah berlangsung dari tahun-tahun sebelumnya sebagai bentuk pembinaan kerohanian yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan untuk Warga Binaan.(***)