Kementerian ESDM Anugerahkan Subroto Award 2024 kepada Pertamina EP Limau Field atas Inovasi Efisiensi Energi

oleh -27 Dilihat

*Foto Dokumentasi: PT Pertamina EP Limau Field Raih Subroto Award 2024 dari Kementerian ESDM*

Jakarta – PT Pertamina EP (PEP) Limau Field berhasil meraih Penghargaan Subroto 2024 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kategori Inovasi Khusus (Efisiensi Energi), pada Kamis (10/10). Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan aplikasi PEARL (Petroleum Engineer Artificial Lift Limau) Vol. 4.0, yang mencatatkan penghematan energi signifikan. Aplikasi ini membantu optimasi operasi well services sumur migas, mengurangi konsumsi energi, dan meningkatkan efisiensi

Senior Manager Limau Field, A. Rachman Para Buana, menyampaikan bahwa meraih Penghargaan Subroto 2024 dari Kementerian ESDM merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi PEP Limau Field. “Penghargaan ini diberikan atas inovasi PHR Limau Field yang disebut PEARL Vol. 4.0. Inovasi tersebut menunjukkan komitmen PEP Limau Field untuk terus berinovasi dalam industri migas, khususnya dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kinerja perusahaan. Pengakuan melalui penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi tim untuk terus berkontribusi terhadap pengembangan teknologi dan keberlanjutan di sektor energi,” ujar Rachman.

BACA JUGA  Diduga Terlibat Kasus Pencurian HIS (24) Dan RR (24) Diamankan SATRESKRIM Polres PALI 

Aplikasi PEARL Vol. 4.0 telah diterapkan di PEP Limau Field, yang merupakan wilayah operasional bagian dari Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera Zona 4, dan telah direplikasi di berbagai Wilayah Kerja lainnya. Sejak dikembangkan secara bertahap sejak tahun 2019, aplikasi ini mencapai versi 4.0 pada 2022 dan telah terbukti meningkatkan efisiensi energi dengan menghemat sekitar 10.798,48 GJ, yang setara dengan penghematan biaya operasional sebesar Rp 57 miliar.

Inovasi ini juga mempercepat proses pengambilan keputusan dalam hasil well test dan perhitungan desain artificial lift, menggantikan metode manual yang sebelumnya digunakan. Dengan pendekatan berbasis standar internasional, aplikasi ini memberikan hasil yang lebih cepat dan akurat, yang sangat penting dalam pengoperasian sumur migas.

BACA JUGA  Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu ) Kecamatan Cibarusah menggelar Press Release, Dokumentasi, dan Publikasi terkait pengawasan logistik Pemilu tahun 2024

PEP Limau Field berencana untuk terus menghadirkan inovasi baru guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional. Inovasi-inovasi tersebut akan mencakup pengembangan teknologi baru dalam eksplorasi dan produksi, serta penerapan metode yang lebih ramah lingkungan. Dengan langkah-langkah ini, perusahaan berharap dapat mendukung pertumbuhan jangka panjang dan memperkuat posisinya sebagai salah satu pemain utama di industri migas Indonesia.

Informasi lebih lanjut:

Tuti Dwi Patmayanti
Head of Communication Relations & CID Zona 4
PT Pertamina Hulu Rokan
Regional 1 Sumatera
+62811-7190-268
[email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *