Dinilai Berprestasi, Pemkab Konkep Raih Penghargaan dari Kemenkeu RI

oleh -18 Dilihat

 

Konkep, Bramasta News – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) raih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia karena dinilai berprestasi dan berkontribusi dalam upaya penggunaan produk dalam negeri dan percepatan belanja daerah tahun anggaran 2024.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konkep, Mahmud, SP.,M.PW dalam wawancaranya mengatakan, penghargaan tersebut merupakan hasil jeri dari upaya pemerintah daerah Kabupaten Konkep dalam mendorong optimalisasi belanja daerah dan penggunaan produk dalam Negeri.

“Alhamdulillah atas nama pemerintah kabupaten Konawe Kepulauan kami menyampaikan ucapan terima kasih atas Penghargaan dari Kemenkeu yang tertuang dalam KMK 353 Tahun 2024 atas alokasi Dana Insentif Fiskal, untuk wilayah Sulawesi Tenggara itu cuman Kabupaten Konkep dan Kolaka Utara”ungkapnya, selasa,(24/9).

BACA JUGA  BKD Konkep Harapkan Kades dan BPD Bijak Tentang Pengelolaan DD 2024

Langkah-langkah untuk mendapatkan penghargaan tersebut, tentu tidaklah mudah, hal itu dapat di buktikan dari beberapa kabupaten,kota hingga provinsi di Indonesia, hanya beberapa yang mendapatkan penghargaan tersebut dari Kemenku RI.

Ia menjelaskan, langkag yang di lakukan Pemda Konkep ialah secara berkala terus melaksanakan pengelolaan keuangan yang baik dari aspek perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelapora.

“Pelaporan merupakan salah satu wujud nya melalui TAPD dengan memetakan perencaanaan anggaran berbasis ketersediaan sumberdaya yang tersedia di daerah seperti penggunaan aspal buton untuk infrastruktur jalan di konkep,” terangnya .

BACA JUGA  Diskominfosantik Ikutsertakan Satu Peta pada Lomba Inovasi Perangkat Daerah

Selain itu, pengadaan barang dan jasa harus lebih memperhatikan sumberdaya yang tersedia di daerah, dan proses penatausahaan dalam percepatan belanja dan pelaporan daerah yang terintegrasi secara digital melalui SIPD (sistem informasi pemerintah daerah).

Eks Kabag Umum Konkep itu juga mengatakan, untuk mempertahankan prestasi ini, Pemkab Konkep akan terus melalkukan inovasi dan perbaikan dalam pengelolaan keuangan daerah salah satunya adalah kepatuhan terhadap regulasi dan ketepatan dalam pelaporan keuangan pada kementerian terkait, secara berkala.

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan pimpinan daerah, dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati, Sekda dan kerjasama yg baik dari seluruh OPD dalam mendorong optimalisasi pengelolaan daerah yang baik dari waktu ke waktu,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *