7 Cara Trading Crypto untuk Pemula, Tetap Aman dan Cuan Maksimal

oleh -41 Dilihat
oleh

Jika Anda masih mundur untuk melakukan investasi di kripto, jangan galau lagi. Artikel ini akan membantu Anda dengan menjelaskan tentang cara trading crypto yang rama untuk pemula lengkap dengan tips dan triknya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan cuan maksimal selama investasi kripto dan tetap aman dalam keuangan.

Cara Trading Crypto dengan Strategis

Berikut dijelaskan tentang 7 cara trading crypto khusus pemula. Cara ini akan strategis untuk Anda yang masih belum memahami crypto sepenuhnya.

1. Jangan Gunakan Dana Darurat

Ada berbagai jenis tabungan yang harus kita pahami, yaitu tabungan untuk kebutuhan harian, dana darurat, dana pensiun, hingga dana dingin. Nah, jika Anda ingin melakukan investasi, termasuk di ekosistem kripto, jangan gunakan dana darurat untuk dana investasinya.

Gunakan dana dingin yang memang tidak digunakan untuk jangka waktu lama. Dengan begitu, investasi Anda akan nyaman tanpa perlu terburu-buru harus mendapat return dalam waktu dekat.

BACA JUGA  RevComm Indonesia Raih Sertifikasi ISO 27001:2022, Perkuat Komitmen Keamanan Informasi

2. Pelajari Whitepaper Aset Crypto yang Dipilih

Sama halnya dengan aset investasi lainnya, aset kripto juga memiliki berbagai hal yang perlu dipelajari. Biasanya, hal-hal dasar tentang aset ada di whitepaper yang dibagikan di website setiap aset.

Dengan mempelajari whitepaper, Anda akan dengan mudah memahami apakah aset tersebut layak dibeli dan memiliki masa depan yang bagus.

3. Pilih Platform Exchange Crypto yang Terpercaya

Cara trading crypto selanjutnya adalah dengan menentukan platform exchange crypto. Penentuan ini agak tricky karena Anda harus memperhatikan keamanan exchange hingga biaya yang ditanggungkan kepada pengguna.

Pelajari exchange tersebut dengan baik. Nah, jika Anda ingin menentukan exchange local yang aman dan tepercaya, Bittime menjadi pilihan yang oke. Di Bittime, Anda juga bisa melakukan pemantauan kondisi market crypto secara real time.

4. Deposito Dana Sesuai Kemampuan

Cara trading crypto yang keempat berkaitan dengan yang pertama, yaitu tentang kondisi keuangan Anda. Pastikan untuk melakukan deposito sesuai kemampuan. Jangan sampai Anda menaruh seluruh tabungan. Itu menjadi hal yang kurang bijak dan bisa membuat kondisi keuangan Anda berantakan di kemudian hari.

BACA JUGA  AXIS dan EVOS Menyalakan Semangat Muda Esports Membara di Palembang melalui AXIS Esports Labs

5. Pantau Kondisi Market Crypto

Sebelum atau setelah melakukan deposito, Anda bisa melakukan pemantauan kondisi market. Namun, yang perlu diperhatikan adalah Anda harus tahu kalau kondisi market kripto sering fluktuatif sehingga jangan kaget jika portofolio tiba-tiba merah padahal beberapa jam sebelumnya baik-baik saja.

6. Atur Strategi Investasi Crypto dengan Baik

Mengatur strategi investasi di crypto secara baik menjadi cara trading crypto yang selanjutnya.

Anda bisa menyusun rencana investasi harian hingga bulanan untuk disiplin lakukan deposito. Namun, deposit ini juga harus dilihat bagaimana keadaan market saat itu ya.

7. Pahami Cara Analisis Aset Crypto 

Baik secara fundamental maupun teknis, Anda harus memahami cara analisis aset kripto. Untuk sisi fundamental, Anda harus tahu apa saja tujuan aset tersebut dibandung dan apa saja strategi marketing untuk masa depannya.

BACA JUGA  Halo Robotics Hadirkan "Drone Talks @ The Mulia": Solusi Survey & Mapping Modern

Untuk sisi teknis, Anda harus paham bagaimana membaca berbagai indikator trafik aset crypto, seperti MACD, RSI, Bollinger Bands, dan lainnya.

Tips dan Trik Trading Crypto

Nah, berikut beberapa tambahan tentang tips dan trik trading kripto untuk memberikan Anda pengalaman trading crypto secara aman, tetapi tetap memberikan cuan secara maksimal.

Pertama, jangan FOMO dengan trading di aset kripto yang sedang tren saja tanpa mempelajari bagaimana whitepaper-nya.

Kedua, jangan lakukan trading crypto dengan seluruh dana dingin yang dimiliki, alokasikan dana yang dimiliki dengan bijak.

Terakhir, jangan sampai panic buying atau panic selling saat market kripto sedang memerah.

Penulis: Editor

Gambar Gravatar
Direktur Di PT. Internusa Media Group