Peran Aktif Bawaslu Pali dalam Mengawasi Pengumuman Hasil Seleksi Pantarlih

oleh -662 Dilihat

PALI – Sumatera Selatan

Bramastanews.com

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten PALI melaksanakan pengawasan intensif terkait pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) PALI, Sabtu (22/6/2024).

Sebanyak 541 Pantarlih telah direkrut untuk menjalankan amanah ini, tersebar di 288 TPS dan 71 desa/kelurahan di seluruh PALI.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten PALI melaksanakan pengawasan intensif terkait pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), langkah ini dilakukan untuk memastikan transparansi dan akurasi dalam proses pemutakhiran data pemilih jelang Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten PALI, Lestrianti, melalui Anggota Komisioner Bawaslu Divisi Hubungan Masyarakat Fikri Ardiansyah, SH, C.Med menyampaikan tanggapan positif terhadap proses rekrutmen  Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilu mendatang.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh tahapan pengumuman Pantarlih dilakukan sesuai dengan regulasi yang berlaku, tanpa adanya kecurangan atau pelanggaran,” ujarnya.

Proses pengawasan melibatkan pengecekan keaslian dokumen dan verifikasi data calon Pantarlih. Bawaslu  juga mengawasi jalannya pengumuman yang dilakukan secara terbuka di Sekretariat PPK, dan PPS.

Selain itu, kemampuan yang memadai dalam pendataan dan pencatatan pemilih (Coklit) menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap petugas. Dalam upaya menjaga integritas proses, Bawaslu telah melakukan supervisi dan monitoring dengan pengawas ad hoc.

Bawaslu PALI juga berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) PALI untuk memastikan bahwa seluruh petugas yang diumumkan telah melalui proses seleksi yang adil dan transparan.

Bawaslu menekankan pentingnya pengawasan yang ketat dan prosedural terhadap proses ini, memastikan bahwa semua petugas Pantarlih yang direkrut memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa setiap tahapan rekrutmen petugas Pantarlih dilakukan sesuai dengan regulasi dan aturan, tanpa cela dan penuh transparansi. Dengan ketegasan dan komitmen yang dipegang teguh, Bawaslu Kabupaten PALI berdiri sebagai penjaga gawang demokrasi, untuk memastikan transparansi dan integritas dalam proses rekrutmen petugas Pantarlih, dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada 2024.

BACA JUGA  Jelang Pilkada 2024: Bawaslu PALI Perkuat Kapasitas Pengawas di Kelurahan/Desa

Kegiatan pengawasan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses pemutakhiran data pemilih dan mendukung terselenggaranya Pemilu yang jujur dan adil.

Ketua KPUD PALI Sunario , SE saat dimintai tanggapan saat di konfirmasi awak media menyampaikan, Di hadapan kita, terbentang jalan panjang yang harus kita tempuh bersama demi terlaksananya pemilihan yang adil dan jujur di “Bumi Serepat Serasan”.

“Mereka yang namanya tertera dalam pengumuman hari ini adalah calon Pantarlih yang  berhasil melalui seleksi administrasi yang sangat ketat dan telah melewati tahapan pertama sampai proses akhir”, ungkap Sunario, SE

Para calon pantarlih yang terpilih akan dilantik pada tanggal 24 Juni 2024 memulai masa kerja yang akan berlangsung selama satu bulan, dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Pantarlih yang lolos seleksi dan terpilih hari ini akan menjalankan tugas mencocokkan dan meneliti data pemilih dari rumah ke rumah di seluruh wilayah PALI. Tugas ini harus dilaksanakan secara komprehensif, akuntabel, dan akurat. Data yang dihasilkan kelak menjadi pondasi pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati PALI pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

BACA JUGA  Gelar Rakernis, Bawaslu PALI Optimalisasi Pengawasan Pilkada 2024

“Kepada warga kami himbau untuk kooperatif ketika petugas Pantarlih datang. Tolong disiapkan kartu keluarga dan kartu tanda penduduk. Sehingga proses coklit petugas Pantarlih bisa lebih akurat dan tepat”, tambahnya

Untuk pengumuman nama-nama Anggota Pantarlih yang lulus seleksi administrasi, silahkan dilihat di setiap sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa dan kelurahan.

Silahkan lihat sekretariat PPS masing-masing. Karena nama-nama petugas Pantarlih yang lulus ditempel disana. Semoga proses Coklit berjalan dengan lancar sesuai harapan kita. Serta data yang diperoleh akurat, tepat dan akuntabel, pungkasnya.(Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *