Gus Menteri: “Haji 2025 Kita Pertegas Tagline Ramah Disabilitas”

oleh -99 Dilihat
oleh

Jakarta, bramastanews.com – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, menyatakan bahwa mulai tahun depan Kemenag akan mencantumkan tagline Ramah Disabilitas, selain Lansia. Komitmen tersebut disampaikan Amirul Hajj 2024 itu dalam kunjungannya ke salah satu pemondokan haji di Sektor 3, Syisah, Mekkah, Kamis (20/06), dalam rangka menemui Putri Aura, seorang jamaah haji penyandang disabilitas netra.

Usai berbincang-bincang hangat dengan Aura, Gus Yaqut, yang didampingi oleh sejumlah Pejabat Kemenag, menyatakan bahwa para penyandang disabilitas perlu perlakuan khusus, sehingga Kemenag perlu memiliki kemampuan yang memadai serta persiapan yang optimal untuk menangani mereka.
Karenanya sejak penyelenggaraan haji tahun 2022, Kemenag sudah belajar untuk memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas. “Meskipun belum mencantumkan tagline disabilitas secara langsung, tahun ini sudah kita mulai (melayani disabilitas). Insya Allah tahun depan kita akan pertegas tagline Haji Ramah Disabilitas ini,” ujar Menteri yang didampingi Sang Istri, Eny Retno Yaqut.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas RI (KND), Deka Kurniawan, menyampaikan komitmen dan kesiapan lembaganya untuk mendukung persiapan Haji Ramah Lansia dan Disabilitas tahun depan. Menurutnya, sebagai Lembaga Negara yang memiliki legitimasi dalam isu disabilitas, KND memang berkewajiban memberikan dukungan kepada semua Kementerian/ Lembaga serta masyarakat. “Terimakasih Gus Menteri, karena dalam waktu dekat insya Allah KND dan Kemenag akan melaksanakan MoU,” lapor Deka yang menyambut Gus Menteri di Hotel Romance House tersebut.

BACA JUGA  Henry Surya Divonis 18 Tahun Penjara dan Aset di Kembalikan ke Korban

Kuota Afirmasi Disabilitas
Dalam kesempatan itu, Deka juga menyampaikan apresiasinya kepada Kemenag. Menurut Komisioner KND itu, penyelenggaran haji tahun ini sudah lebih memberikan perhatian kepadanya jamaah haji penyandang disabilitas. “Dengan menemui Aura secara khusus, menunjukkan bahwa Gus Menteri dan Kementerian Agama sangat concern terhadap pemenuhan hak disabilitas dalam haji,” tutur Deka kepada awak media Sabtu (22/06).

Namun Deka berharap, agar selain pelayanan saat di Tanah Suci, Kemenag juga bisa memberikan pemenuhan hak sejak sebelum keberangkatan, yakni pendataan yang sistematis terhadap jamaah haji disabilitas, agar kebijakan dan program yang disiapkan lebih komprehensif. Dan yang tak kalah penting juga adalah penyediaan kuota khusus bagi berbagai ragam penyandang disabilitas yang ingin berhaji. “Banyak sekali penyandang disabilitas yang ingin berhaji seperti Aura, tapi belum terakomodir, sehingga perlu afirmasi khusus dari Kemenag,” harap Deka.

BACA JUGA  Ganjar - Mahfud Menang : Terbitkan Payung Hukum Penganggaran Organisasi Penyandang Disabilitas

Hal senada juga sampaikan H. Norman Yulian, Ketua Umum PPDI saat dikonfirmasi tim liputan, bahwa sejatinya dalam menjalankan ibadah haji semua mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik dari pemerintah selaku penyelenggara haji.


Doc: H. Norman Yulian, Ketum PPDI (foto:IMG).

“Tanpa mengurangi nilai-nilai kehusuannya dalam ibadah semua mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik dalam menjalankan ibadah haji, tentunya sesuai kondisi masing-masing,” tutupnya.

Menanggapi hal itu, Gus Menteri menyatakan bahwa mulai tahun depan Kemenag insya Allah akan memberikan kuota afirmasi kepada calon jamaah haji penyandang disabilitas. “Saya kira ini menjadi catatan buat Kemenag, agar untuk haji mendatang saudara-saudara kita penyandang disabilitas bisa mendapatkan prioritas,” jelasnya di hadapan para awak media.

BACA JUGA  Gubernur Sumbar Berikan Apreasi pada Ketum PPDI Gelar Rakernas di Ranah Minang

Unjuk Kebolehan Dalam kunjungan seusai pelaksanaan pucak haji tersebut, Gus Menteri dan Eny Retno Yaqut menyampaikan kekagumannya kepada Aura, karena sebagai seorang penyandang disabilitas netra ternyata Aura mampu menunjukkan kemampuan dan memiliki prestasi. Dalam kesempatan itu, Aura menunjukkan kemampuannya sebagai Qori dengan membacakan Al-Quran dan shalawat di hadapan Gus Menteri dan Istri. “Kamu pinter banget sih,” puji Yaqut.

Aura juga tidak kalah kagum kepada Yaqut dan Istri, karena ternyata sebagai seorang Menteri, Yaqut sampai mau menemuinya secara langsung di pemondokan. Apalagi dalam kesempatan itu Yaqut juga menyampaikan bahwa Kemenag akan memberikan beasiswa kuliah S2 kepada Aura.

Bahkan Yaqut juga memberikan akses khusus kepada Aura untuk berkomunikasi secara langsung dengan memberikan kontak pribadinya. “Terima kasih Gus Menteri. Saya senang sekali, terharu, bahagia dan bangga. Nggak sangka bisa mendapatkan anugrah besar ini,” tutur Mahasiswi Universitas Negeri Padang (UNP) ini sambil menangis haru.**

Penulis: Editor

Gambar Gravatar
Direktur Di PT. Internusa Media Group

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *