BKD Konkep Sebut Enam Desa Terkendala Dalam Proses Pengajuan Pencairan ADD

oleh -79 Dilihat
Kepala BKD Konkep, Mahmud,SP.,M.PW

KONKEP – Bramasta News – Setelah pencairan Dana Desa (DD) beberapa waktu lalu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara, kembali mengenjot setiap Desa dalam proses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) agar segera di cairkan sebelum lebaran haji pekan depan.

Kepala BKD Konkep, Mahmud, SP., M.PW mengatakan, bagi desa yang telah menerima dana desa beberapa waktu lalu, agar segera melakukan permintaan pengajuan pencairan honor kepala desa dan pegawai desa lainnya di kantor BKD Konkep.

“Dengan catatan para kepala desa tidak mengganti perangkat desa nya dengan melampirkan SK pengangkatan Kepala Desa dan SK Perangkat Desa,”terangnya.

BACA JUGA  Upaya Meningkatkan Kapasitas SDM, Pemda Konkep Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas KPM Desa.

Selain itu, kelengakapan administrasi lainnya yang harus disertakan yaitu, daftar penerimaan honor bulan berjalan, foto copy buku rekening perangkat yang masih aktif, surat kuasa pendebetan yg di tandatangani kepala desa, APBDes yang sudah di tandatangani oleh BPD bersama Kepala Desa sebagai dasar pengelolaan keuangan desa.

Disebutnya, terdapat dua kategori mengenai honor Kades dan perangkat desa, yaitu ada yang menerima lima bulan dan ada pula yang enam bulan.

“Kalau terimanya minggu ketiga sudah bisa 6 bulan, kalau sampai minggu ini baru bisa 5 bulan, karena belum sampai pertengahan bulan berjalan,” terangnya. Senin (10/6).

BACA JUGA  Kasdam III SLW Brigjend Aminudin. S.I.P Berkunjung ke KOA Katumiri Grand Hill Untuk Perkuat Program Air Bersih

Namun, dalam tahapan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD), terdapat beberapa desa yang sampai ini belum mengajukan pencarian Dana Desa (DD) sehingga hal itu yang menjadi kendala pencairan ADD.

Ia menyebutkan, desa-desa yang mengalami kendala pencairan ADD di antaranya , Desa Pasir Putih, Desa Dongkalaea, Desa Palingi Timur, Desa Batumea, Desa Pesue dan Puurau (Wawonii Timur Laut).

“Enam Desa ini yang belum mengajukan pencairan DD untuk kami verifikasi dan ajukan di KPPN di karenakan APBDes blm di tanda tangani oleh BPD,” tuntasnya.

BACA JUGA  Dukung Pembangunan SDM di Sektor Pendidikan, Pemdes Wawoone Segera Realisasikan Beasiswa Desa.