SMKN 2 Cikarang Barat dan Disnaker Bekasi Berkolaborasi dalam Program Sekolah Siap Kerja

oleh -62 Dilihat

Kabupaten Bekasi  || Bramastanews.com

Ratusan pelajar kelas 12 SMKN 2 Cikarang Barat mengikuti kegiatan program Sekolah Siap Kerja yang diinisiasi oleh Bidang Hubungan Industri SMKN 2 Cikarang Barat bersama Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bekasi, di aula sekolah setempat, pada Selasa (30/01/2023).

Kabid Informasi Pasar Kerja dan Peningkatan Produktivitas Disnaker Kabupaten Bekasi, Muhammad Ali Amran menyampaikan, dalam kegiatan tersebut pihaknya memberikan pembekalan materi terkait persiapan memasuki dunia kerja dan memperkenalkan layanan informasi pasar kerja karirhub.kemnaker.go.id.

“Kami tadi menyampaikan kepada anak-anak didik di SMKN 2 Cikarang Barat ini, terutama kepada para siswa kelas 12 yang sebentar lagi akan lulus di Bulan Juli 2024. Materi terkait persiapan memasuki dunia kerja, bagaimana mereka nanti menyiapkan soft skill dan hard skill. Kita juga kenalkan media sosial milik Pemkab Bekasi dan aplikasi Siap Kerja dari Kemnaker,” kata Ali Amran.

Selain mendorong peningkatan kompetensi para siswa untuk memiliki pengetahuan dan skill yang mumpuni, Disnaker juga mengingatkan pentingnya memperhatikan aspek sikap (attitude) dalam menghadapi dunia kerja. Mengingat kualitas SDM itu sendiri merupakan aset terpenting bagi kemajuan suatu perusahaan.

“Kita sampaikan bagaimana membentuk karakter yang baik, attitude yg baik, sehingga saat memasuki dunia kerja mereka sudah siap, yang selama ini mereka pikir enak-enak saja di luar sana, saya sampaikan bahwa lebih komplek permasalahannya. Jadi mereka harus memiliki bekal sejak sekarang,” imbaunya.

Lebih lanjut, Ali Amran juga memberikan motivasi kepada para pelajar yang hadir dalam kegiatan tersebut, agar mereka memiliki rasa percaya diri, harus yakin dengan kemampuan yang dimiliki sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja lain baik
dalam ruang lingkup lokal, regional, maupun mancanegara.

“Kita tekankan bahwa mereka memiliki kompetensi diri, calon-calon tenaga kerja yang handal, memiliki attitude yang baik, memiliki kemampuan luar bisa dan juga produktivias tinggi sehingga mereka bisa bersaing dengan pekerja-pekerja dari luar Kabupaten Bekasi,” tegasnya.

Kepala Sekolah SMKN 2 Cikarang Barat, Hoyadi Kurniawan menyampaikan apresiasinya kepada Disnaker Kabupaten Bekasi yang telah hadir di ekolahnya, sehingga kegiatan program Sekolah Siap Kerja dapat berjalan dengan baik, dan para siswa memperoleh bimbingan terkait persiapan dalam menghadapi dunia kerja.

“Alhamdulillah saya sangat antusias dan mendukung sekali kegiatan ini, kami juga membutuhkan untuk saran, arahan, dan petunjuk untuk mempersiapkan anak anak kami ke dunia kerja di masa yang akan datang,” ungkapnya

Hoyadi menambahkan, siswa yang ikut serta dalam pembekalan hari ini seluruhnya dari siswa kelas 12 baik dari program studi Akuntansi, Pemasaran, maupun Perkantoran. Melalui program Sekolah Siap Kerja ini, ia berharap serapan lulusan SMK di dunia kerja dapat meningkat.

“Setelah Covid menurun, makanya kami memusyawarahkan dan mengadakan program kerja ini untuk meningkatkan kembali potensi yang ada di SMKN 2 Cikarang Barat ini dan daya serapnya supaya lebih meningkat, disamping kami juga berharap dukungan dari pemerintah daerah agar mengutamakan tenaga kerja asli Kabupaten Bekasi,” harapnya. (**)