Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Bersinergi dengan Muspika dan PSM untuk Bantu Keluarga Nurman di Setu

oleh -51 Dilihat

Kabupaten Bekasi || Bramastanews.com

Tim Penanganan Pemerlu Kesejahteraan Sosial (PPKS) Dinas Sosial Kabupaten Bekasi meluncurkan inisiatif bergerak cepat dengan mengunjungi dan menyalurkan bantuan bagi keluarga Bapak Nurman, korban dari musibah robohnya rumah tempat tinggal mereka di Kp. Serang RT 003 RW 002, Desa Taman Rahayu, Kecamatan Setu. Bantuan yang diserahkan berupa paket sembako langsung disampaikan oleh Cucu Sumartina selaku ketua PPKS wilayah Setu, didampingi oleh Muspika Kecamatan Setu serta rekan-rekan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

“Alhamdulillah, kemarin tim PPKS dari Dinas Sosial Kabupaten Bekasi bekerja sama dengan jajaran Muspika di Kecamatan Setu segera bertindak untuk mendatangi langsung lokasi para warga yang terdampak musibah robohnya rumah. Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban yang mereka hadapi,” ungkap Cucu pada Jum’at (05/01/2024).

Cucu juga menyinggung bahwa selain karena intensitas hujan yang cukup tinggi, usia rumah tersebut juga sudah cukup tua sehingga kondisinya menjadi penyebab utama rumah itu roboh.

“Sebelumnya, kita telah mendapat informasi dari rekan-rekan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) bahwa pak Nurman tinggal seorang diri dan sudah direncanakan untuk menerima bantuan program Rutilahu di masa mendatang. Hal ini dikarenakan kondisi rumahnya memang sudah tidak layak untuk ditinggali,” tambahnya.

Cucu juga menambahkan bahwa saat ini Pak Nurman sudah diungsikan ke kontrakan terdekat sebagai tempat tinggal sementara. Sementara itu, mereka terus berupaya menjalin komunikasi dengan keluarga Pak Nurman.

“Kami berharap Pak Nurman tetap sehat dan tegar. Bantuan ini bukan hanya sebatas nilai materi, tetapi juga merupakan wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat yang sedang mengalami musibah. Semoga renovasi rumah dapat segera terlaksana,” harapnya.

Dalam upaya memberikan bantuan kepada keluarga Pak Nurman, PPKS dan Muspika bekerja sama dengan PSM sebagai rekan-rekan yang memiliki pengalaman dalam bidang kesejahteraan sosial. Bantuan yang diberikan berupa paket sembako diharapkan dapat meringankan beban kehidupan sehari-hari bagi keluarga yang terkena dampak musibah ini.

Selain itu, PPKS juga telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi serta jajaran Muspika Kecamatan Setu dalam melakukan pendataan dan pemetaan wilayah terdampak untuk mendapatkan informasi akurat tentang kondisi sosial dan ekonomi masyarakat setempat. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran dan mampu memenuhi kebutuhan mereka secara efektif.

Dalam situasi seperti ini, kerjasama antara pemerintah daerah, organisasi-organisasi sosial, serta masyarakat sangatlah penting. Keberadaan PPKS sebagai bagian dari Dinas Sosial Kabupaten Bekasi merupakan bentuk nyata dari komitmen pemerintah dalam memberikan perlindungan dan penanganan terhadap masalah kesejahteraan sosial di wilayah ini.

PPKS dan Muspika siap untuk terus mengawal proses pemulihan dan pembangunan yang dilakukan oleh keluarga Pak Nurman. Dengan berbagai program yang telah disusun, diharapkan dapat membantu dan memotivasi mereka untuk bangkit dari musibah yang mereka alami.

Dalam kesempatan ini, kami juga ingin menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam memberikan dukungan dan upaya baik moril maupun materi kepada keluarga Pak Nurman. Semua bantuan tersebut diharapkan dapat menjadi kekuatan bagi mereka dalam melanjutkan perjuangan hidup dan memulai kembali dengan semangat yang baru.

Kepedulian dan kebersamaan merupakan nilai-nilai yang sangat penting dalam menghadapi musibah seperti ini. Mari kita terus menunjukkan solidaritas dan saling membantu satu sama lain. Semoga keluarga Pak Nurman dapat segera pulih dan kembali menyongsong masa depan yang lebih baik.

(***)