,

Sudah Di Tindak BPPHLHK Jabalnusra, Cairan Di Duga Kimia Masih Berceceran Di Jalan Militer Darangdan

oleh -234 Dilihat
oleh

 Purwakarta-Jabar || Bramastanews.com

Cairan di duga sejenis kimia masih keluar dari pipa pembuangan sebuah tempat yang berlokasi di Jalan Militer kecamatan Darangdan Purwakarta.

Diketahui jika sebelumnya, lokasi tempat tersebut kedapatan gunakan bahan kimia dalam kegiatannya, oleh sebab itu dan atas pengaduan masyarakat, beberapa bulan lalu sempat di tindak pihak BPPHLHK-Jabalnusra (Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup) wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara.

Turunnya pihak BPPHLHK-jabalnusra saat lakukan penindakan turut diketahui pihak pihak terkait termasuk dari Pemerintah Desa Darangdan dan Jajaran Muspika serta dari beberapa unsur masyarakat.

Senada dengan hal itu, pihak dari BPPHLHK sendiri mengatakan jika memang ditempat tersebut ditemukan beberapa jenis bahan kimia berbahaya, dan pihaknya meminta kepada pemilik tempat untuk membersihkan lokasi dari bahan-bahan kimia tersebut secara bertahap.

Menurutnya, proses pembersihan dimaksud dilakukan dengan mengeluarkan bahan bahan kimia dari lokasi ke tempat tertentu, meski secara rinci tidak disebutkan tujuan lokasi yang dimaksud.

 

Hal itu disampaikan salah satu Ketua Tim Penindakan dari BPPHLHK kepada awak media saat penindakan beberapa bulan lalu.

Anehnya, pengaduan masyarakat yang resah dengan kegiatan itu ternyata tidak  mendapat respon seperti apa yang diharapkan, sebab nyatanya kegiatan di tempat itu sampai saat ini masih berjalan dan limbahnya masih saja dibuang melalui saluran pipa pembuangan bahkan berdasarkan informasi pembuangan limbah itu sempat dilakukan ke lahan warga yang berada di sekitar tempat kegiatan.

Hal itu di sampaikan salah satu aktivis Purwakarta kepada awak media pada 11/12/2023,

“saya heran, katanya sudah dilakukan penindakan dari BPPHLHK namun kok masih saja ada cairan seperti ini keluar dari lubang pembuangan ini, kalo begini caranya tidak memberi perubahan ngapain aja mereka saat penindakan waktu itu,” ujarnya sambil menunjuk ke titik saluran dimana terdapat cairan kotor berbusa.

Salah satu warga di sekitar lokasi juga keluhkan hal serupa,

“tadinya kami berharap kegiatan di sini di tutup dengan adanya penindakan dari BPPHLHK, namun nyatanya kok masih saja ya pak,” terangnya pada 12/12/2023.

Untuk mengetahui perkembangan penanganan kasus tersebut, awak media kemudian lakukan konfirmasi ke salah satu personil yang lakukan penindakan beberapa bulan lalu, dalam komunikasi yang dilakukan melalui pesan singkat whatsapp beliau menyatakan,

“berkas terkait temuan di Darangdan tersebut sudah di meja Kepala Balai, nanti kita coba tanyakan,” ujarnya.

Atas kejadian ini, muncul dugaan di kalangan masyarakat Darangdan Purwakarta, jika pihak BPPHLHK-jabalnusra tidak serius tangani permasalahan tersebut, sehingga memunculkan dugaan adanya main mata dengan pemilik lokasi kegiatan.

Video limbah di duga kimia keluar dari lubang pembuangan,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *