, ,

Potret Lalulintas di Jalan Nasional Sukatani-Purwakarta, Overload Pemandangan Biasa, Berpotensi Timbulkan Kecelakaan Pihak Berwenang di Minta Bertindak Tegas

oleh -2684 Dilihat
oleh

Purwakarta -Jabar || Bramastanews.com-Truk bermuatan Overload bahkan overdimensi masih saja beroperasi di jalan nasional arah Purwakarta.

Berbagai muatan dari mulai hasil tambang seperti batu sampai hasil hutan yang dimuat, kerap kali sumbang kemacetan bahkan peristiwa laka lalin di jalanan nasional tersebut.

Terkait permasalahan ODOL (Overload, overdimensi), sebelumnya pihak Dinas Perhubungan kabupaten Purwakarta melalui Kepala Dinas memberikan tanggapan jika, pihaknya sudah berupaya maksimal untuk lakukan upaya penertiban kendaraan yang kerap terlibat ODOL tersebut.

Namun, sehubungan dengan banyaknya tugas lain, serta keterbatasan jumlah personil, pihak Dishub tidak bisa lakukan penertiban setiap hari, selain itu juga pihaknya perlu berkoordinasi dengan Satuan lalulintas dari Polres Purwakarta, sebab kewenangan untuk lakukan tindakan penilangan ada di ranah kepolisian,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Purwakarta beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dikatakan jika, tingkat kedisiplinan sopir dalam mentaati peraturan saat berkendara mengangkut bawaannya yang overload tersebut sangat minim, setelah dilakukan tindakan penertiban, mereka kembali lagi seperti itu, bahkan bisa dikatakan mereka terkesan kucing kucingan dengan petugas.

Seperti diketahui, truk bermuatan overload bahkan overdimensi ketika beroperasi di jalanan, bukan saja berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan lain, namun juga kerap timbulkan masalah lainnya seperti kemacetan.

Apalagi arah dari Sukatani-Purwakarta posisi jalannya menurun dan jaraknya lumayan panjang, beberapa kali terpantau terjadi kecelakaan yang di duga sebabkan kendaraan overload.

Dalam beberapa peristiwa bahkan truk bermuatan berat, tercatat beberapa kali terlibat kecelakaan, yang bahkan sampai akibatkan jatuhnya korban.

Kenakalan para sopir memang tak dapat dipungkiri, namun alasan tersebut tidak menghalangi kewajiban pihak terkait untuk lakukan penindakan sesuai kewajibannya.

Dinas perhubungan sudah saatnya meningkatkan koordinasi dengan pihak Satlantas polres Purwakarta dalam memaksimalkan penindakan terhadap pelaku ODOL.

Penegakan peraturan serta ketentuan lalulintas terhadap pelaku ODOL sudah saatnya di maksimalkan.

Oleh sebab itu diminta kepada Pihak Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Purwakarta untuk lebih maksimal dalam lakukan upaya meminimalisir terjadinya ODOL di Purwakarta, baik tindakan pencegahan maupun penindakan dilapangan dengan sanksi tertentu.

Agar tercipta rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Purwakarta, khususnya pengguna jalan saat berkendara di jalan nasional Purwakarta.

Simak video truk bermuatan overload di jalan nasional Purwakarta: