, , ,

Tanpa Pampang Baliho APBDesa T.A. 2023 dan Realisasi 2022 Camat tetap Rekomendasikan Pencairan APBDes Karang Rahayu

oleh -133 Dilihat

Bekasi Bramastanews.com –

Pemerintah Desa Karangrahayu telah menyelenggara kan musyawarah desa, pembahasan APBDes tahun anggaran 2024 kegiatan dilaksanakan minggu pertama september 2023.hadir saat itu segenap BPD Karang Rahayu, Aparatur Pemerintah Desa, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama.

M,salah seorang anggota BPD Karangra hayu dalam keterangannya kepada tim liputan memaparkan.                        “bahwa musdes APBDesa T.A.2024 sudah di laksanakan minggu ke satu september lalu,                                                               “M menambahkan menurutnya musdes didesanya sangat hidup dan mengede pankan kepentingan masyarakat desa Karangrahayu, karena semua elemen masyarakat sudah keterwakilkan.

BACA JUGA  Polsek Tanah Abang Berhasil Menciptakan Suasana Kamtibmas Yang Kondusif Diwilayahnya

” Penyelenggaran musdes APBDes juga berjalan lancar dan sukses,dengan hadir nya semua elemen masyarakat yang ada di desa karangrahayu,”Pungkasnya.

Sementara menurut keterangan dari Nara sumber yang tidak mau disebutkan namanya (NN) menjelaskan.

” Desa karangrahayu adalah merupakan ‘DESA MANDRI’ maka berkaitan dengan pencairan APBDesa juga bisa dua tahap pemcairan, berbeda dengan desa yang belum masuk kategori desa mandiri, pencairan APBDesanya masih dengan  (tiga) tahap pencairan,” terangnya.

Dalam realisasinya pada saat dana tahap pertama diterima dengan presentase 60% dari Pagu anggaran sebesar Rp. 1.672.272.721.00,- sebagaimana tertuang dalam baliho yang pernah dipajang pada Billboard beberapa bulan lalu, maka didapat penerimaan anggaran dana desanya sebesar ± Rp. 900.000.000,-

BACA JUGA  KADIN Kota Bandung Bersinergi Dengan PNM Kota Bandung Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Jika mengacu dari total APBDesa yang mencapai angka Rp 4.196.093.200,- jika bisa cair 60% itu bisa mencapai angka lebih kurang Rp.2.500.000.000,-

Dari data yang berhasil dihimpun untuk kegiatan fisik dari sumber dana alokasi desa tahun anggaran 2023 sebanyak 7 titik yang baru direalisasikan Sampai akhir november, antara lain :
1. Jalan lingkungan 3 Pengerjaan
2. Pembangunan Posyandu Pengerjaan
3. Pemagaran makam 1 pengerjaan
4. 1 pengecoran jalan dan
5. 1 ,gorong gorong

Sumber Dana Desa APBN T.A.2023 tahap 1 dari seluruh kegiatan pisik hanya beberapa titik kegiatan dengan besaran anggaran nya transparan, sementara diduga yang lain belum jelas.

Tim investigasi juga mengkonfiemasi ini seorang yang diketahui adalah orang dalam lingkaran pemeritahvdesa Karangrahayu, yang seharusnya tau dan semestinya mengetahui besar anggaran dari setiap kegiatan pisik, dia (orang dalam-red) hanya mengatakan.

BACA JUGA  Sosial Media Purwakarta Ramai Bahas Bansos, Kartu ATM Dipegang Pihak Lain & Bentuknya SEMBAKO, KPM Dirugikan MENSOS Diminta Bertindak

” saya tidak tau,” singkatnya.

dan menambahkan dengan kata

” lucu ya pak,” pungkasnya.

Untuk itu tim media tetap berusaha membuka komunikasi dengan pihak pemerintahan Desa Karang Rahayu, agar lebih jelas dan tepat sesuai dengan penggunaan anggaran yang dipakai untuk kegiatan pisik yang di beritakan media ini, dan itu layak untuk disajikan sebagai konsumsi  publik terutama untuk masyarakat desa karangrahayu sendiri, yang dapat merasakan manfaat dari ada nya APBDes tahun anggaran 2023, yang sebagian peruntukan anggaran, jika digunakan dengan tepat sasaran serta maksimal akan bisa dirasakan manfaatnya.

Sayangnya sampai dengan berita ini terbit Kades Karang Rahayu belum berhasil dikonfirmasi.

(Lili R/team investigasi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *