Pelaksanaan Lanjutan Pembangunan Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta Minim Pengawasan

oleh -148 Dilihat

Purwakarta-Jabar || Bramastanews.com

Pembangunan lanjutan kantor dinas lingkungan hidup kabupaten Purwakarta dilaksanakan tahun 2023 dengan anggaran sebesar 1.368.448.000.

Dimana dilaksanakan oleh penyedia jasa dari CV. Sahabat Fertama Jaya dengan kontrak pelaksanaan selama 150 hari kalender.

Berdasarkan pantauan awak media, hasil pekerjaan sebelumnya yang diketahui dilaksanakan pada 2022 oleh CV.Dahimehulicemerlang sisakan tugas berat pada pelaksanaan lanjutan di tahun 2023 ini.

Bramastanews.com

Sehingga berbagai upaya terlihat dilakukan diantaranya dengan adanya penguatan struktur konstruksi beton dengan penambahan kolom dan balok beton baru di beberapa titik.

Lantas sejauh mana perbaikan tersebut dilakukan,apakah penguatan struktur tersebut menjamin keamanan bangunan tersebut ke depan.

Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Tata Bangunan dinas PUTR kabupaten Purwakarta pada 26/9/2023,

“Penguatan tersebut dilakukan sesuai perencanaan, untuk meminimalisir rapuhnya kondisi struktur bangunan sebelumnya”.

Menurut Muhtar, penguatan yang dilaksanakan sesuai perencanaan sebab pertimbangan kondisi bangunan sebelumnya, tambahnya.”

Terkait hal tersebut, lantas sejauh mana pelaksanaan lanjutan dilaksanakan.

Apakah pelaksanaannya dijamin akan lebih baik.

Seperti diketahui dalam proses pelaksanaan sebuah kegiatan, penyedia jasa di awasi secara teknis oleh pihak konsultan pengawas.

Oleh sebab hal tersebut, apapun hasil serta kualitas pekerjaan juga tak luput dari peran pengawas di lapangan, sejauh mana kinerja dan kedisiplinan pengawas dalam menjalankan tugasnya.

Namun di sisi lain pihak PPK maupun PPTK juga tak kalah penting dalam menentukan bagaimana hasil pekerjaan sebuah kegiatan.

Sebab secara teknis tentu ada rapat monitoring yang dilakukan dan jenis upaya pengawasan lain dari pihak dinas terkait.

Sehingga saat ditemukan adanya kualitas pekerjaan yang kurang baik bahkan mungkin tidak sesuai spesifikasi teknis, tentu merupakan tanggung jawab bersama.

(Red)