Kali Ciherang Sering Meluap, Warga Sukamakmur Minta Pemkab Bekasi Tingkatkan Tanggul

oleh -69 Dilihat

Bekasi-Jabar  || Bramastanews.com

Tempat tinggalnya selalu menjadi langganan banjir jika musim penghujan tiba, Muksin (50) warga Kampung Kobak Rotan RT 02/03, Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukakarya minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi ambil langkah antisipasi dengan melakukan pengerukan pendangkalan dan peningkatan tanggul Kali Ciherang.

Saat ditemui, Muksin mengaku resah bila nanti musim hujan tiba. Pasalnya, kali Ciherang akan kembali tidak sanggup menahan luapan air bila musim penghujan datang.

“Tanggul Kali Ciherang yang ada di Desa Suka Makmur, ini sangat rentan ketika musim penghujan datang, karena itu sering terjadi banjir sampai meluap ke persawahan dan rumah warga sekitar,” Kata Muksin,” Senin (2/10/2023).

Mengingat tidak akan lama lagi musim hujan tiba, Muksin mengaku khawatir akan terjadi hal serupa yaitu banjir yang pernah terjadi hingga banyak rumah dan pesawahan warga menjadi korban karena kali Ciherang tidak sanggup menahan debit air.

“Contohnya tahun lalu, karena terlalu besar hujan jadi air meluap, itu akibat tanggul kali Ciherang yang tipis, jadi air meluap ke sawah dan ke pemukiman warga,” beber Muksin.

Atas kekhawatiran Itu, Muksin meminta kepada Pemkab Bekasi agar melakukan langkah konkrit dengan yaitu dengan peningkatan tanggul dan melakukan normalisasi Kali Ciherang.

“Harapan saya agar Pemda Bekasi menormalisasi dan masalah tanggul juga harus di tinggikan, itu saja permintaan masyarakat,”tandasnya.

(***)