Forum Pemuda dan Wanita Lintas Agama Resmi dibentuk, Jaga Kerukunan antar Umat

oleh -73 Dilihat
oleh

Cikarang Pusat || Kabarnusa24.com – Forum Pemuda Lintas Agama (Formula) dan Forum Wanita Lintas Agama (Forwala) Kabupaten Bekasi resmi dibentuk di bawah naungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Pembentukan forum untuk mengoptimalkan dan menjaga kerukunan antar masyarakat di Kabupaten Bekasi itu dilaksanakan di Hotel Lembah Sarimas Sari Ater, Bandung, pada Rabu (31/05/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Asnawi menyampaikan Formula dan Forwala diharapkan menjadi perekat dan penjaga kerukunan.

Menurutnya watak dasar masyarakat Kabupaten Bekasi telah memiliki wawasan kebangsaan yang cukup baik, dan cenderung mempertahankan nilai silaturahmi.

BACA JUGA  Kades Bantarsari Diduga Tabrak Aturan Permendagri Tentang Penggantian Kadus Tanpa Dasar Hukum

Karena itu menurutnya wadah ini bisa menjaga apa yang menjadi watak dasar dari masyarakat.

“Watak yang ketiga, mampu menjaga kearifan lokal, kemudian anti kekerasan. Terpenting lagi pemuda ini ikut membangun dan mempertahankan watak tersebut, karena itu saya sangat mendukung pendirian Forum Pemuda Lintas Agama dan juga wanitanya,” ungkap Asnawi di kantornya, Komplek Pemkab Cikarang Pusat, pada Kamis (01/06/2023).

Wakil Ketua FKUB Kabupaten Bekasi, KH Mubarok Nuri menyampaikan Formula dan Forwala dibentuk dengan tujuan menciptakan kondusivitas antar umat beragama, sekaligus meringankan tugas FKUB.

BACA JUGA  Pemkab PALI Didampingi Kapolres Dan Jajaran Forkopimda PALI, Lakukan Sidak Pasar Inpres Talang Ubi

“Harus menjaga kerukunan, tidak hanya menciptakan, tapi menjaga. Sedari dulu Kabupaten Bekasi sangat kondusif, meskipun ada persoalan sedikit, tetapi bisa diselesaikan,” terang KH Mubarok Nuri.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Ekonomi Sosial Budaya Bakesbangpol Kabupaten Bekasi, Wawan Dirwanto mengemukakan Kesbangpol merupakan mitra FKUB yang paling depan menjaga kerukunan di masyarakat.

“Sejatinya ibarat pemadam kebakaran, ketika menemui kasus gesekan di Kabupaten Bekasi FKUB dan Kesbangpol yang paling ada di garda terdepan,” pungkasnya.

Formula dan Forwala yang didirikan ini sudah dipilih masing-masing Ketuanya. Untuk Formula Ketua Mandataris terpilih Septadiansyah dan Forwala, terpilih Sri Sugiharti.(***)

BACA JUGA  Satu Unit Rumah Warga Didesa Tempirai Selatan, Ludes Terbakar

 

Sumber: Bekasikab.go.id