Bupati Tabalong Mendukung ULM Bangun Kampus ULM di Tabalong

oleh -60 Dilihat

Tabalong ||  Bramastanews.com

 

Pemerintah Kabupaten Tabalong mendukung keinginan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) membangun kampus di kabupaten berjuluk “Bumi Saraba Kawa” ini karena berdekatan dengan Ibu Kota Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.

Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani mengatakan keinginan ini merupakan langkah tepat untuk kemajuan ULM ke depannya.

“Kalau kampus ULM pindah ke Tabalong, saya yakin ke depannya nanti ULM menjadi perguruan tinggi terkemuka dan terdepan,” ungkap Bupati Tabalong H.Anang Syahkfiani di Tabalong, Selasa (11/4/2023).

Mengingat posisi strategis Tabalong yang berdekatan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur yang nantinya menjadi IKN pada 2024.

Wacana pembangunan kampus di Tabalong disampaikan Rektor ULM Prof. Dr Ahmad Alim Bachri saat kunjungan kerja ke Kabupaten Tabalong.

Rektor ULM mengatakan pembangunan kampus di Tabalong atau di luar kampus utama yaitu Banjarmasin dan Banjarbaru diharapkan bisa menyerap 3 ribu lebih mahasiswa,” ucap Rektor ULM.

“Nantinya mahasiswa bisa dari Kalteng, Kaltim dan Banua Enam di Kalsel jika kampus kita bangun di Tabalong, Kehadiran kampus ULM di Kabupaten Tabalong sebagai upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan IKN,” ungkapnya.

Selain itu memudahkan akses pendidikan bagi masyarakat sekitar Tabalong termasuk dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur untuk menempuh pendidikan tinggi,” tambahnya.

Rektor ULM menambahkan untuk saat ini ULM telah ditetapkan oleh Kemendikbud sebagai salah satu perguruan tinggi klaster mandiri untuk penyelenggaraan penelitian dan pengabdian masyarakat, Selanjutnya ULM bersama Pemkab Tabalong telah menandatangani nota kesepahaman terkait penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi dan Pembangunan Daerah,” tuturnya.(***)