Uji Terampil Glagaspur Tingkat I Dan II Digelar Pangkalan TNI AL Banjarmasin

oleh -66 Dilihat

Banjarmasin || bramastanews.com

 

Bertempat di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin yang merupakan dibawah jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIII Tarakan telah melaksanakan uji terampil Glagaspur (Geladi Tugas Tempur) Pangkalan Tingkat I dan II (P1 – P2) Tahun 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari pada Tanggal 13 dan 14 Februari diikuti seluruh Prajurit dan PNS Lanal Banjarmasin serta 7 Personel Tim Uji dari Kolat Koarmada II yang dipimpin oleh Danpuslat Pasrat Kolat Koarmada II sekaligus sebagai ketua Tim Letkol Marinir Arif Budiman. Selasa (14/02/2023).

Adapun materi uji terampil Glagaspur antara lain pemeriksaan perangkat lunak, tes uji tulis, menembak dan bongkar pasang senjata, peraturan baris-berbaris, formasi penanggulangan huru-hara, Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI Angkatan Laut, kecakapan bahari dan komunikasi, renang militer dan evakuasi medis, upacara pemakaman militer, upacara ziarah nasional dan upacara tabur bunga di Laut.

Pada kegiatan khusus simulasi peran
Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Lanal Banjarmasin bersinergi dengan Tim Jibom Gegana Satbrimob Polda Kalsel dan PMK Kota Banjarmasin yang meliputi peran tempur bahaya umum, peran anti teror dan sabotase, peran tempur bahaya udara serta peran penanggulangan bahaya kebakaran.

Dikesempatan Nya, ketua Tim Letkol Marinir Arif Budiman didampingi Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Banjarmasin Mayor Laut (P) Muhammad Arif, S.T., M.T. mengatakan dari hasil rangkuman penilaian semuanya baik, namun ada kekurangan yang tidak signifikan dan dari kekurangan tersebut agar dilakukan pembenahan yang semestinya.

Terima kasih dan apresiasi kepada Prajurit Lanal Banjarmasin yang sudah berlatih sesuai prosedur, ikhlas dan dilaksanakan dengan penuh semangat sehingga memperoleh hasil yang terbaik.

Ditempat terpisah, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla menyampaikan, syukur alhamdulillah rangkaian uji terampil Glagaspur telah selesai dilaksanakan dengan lancar dan memperoleh hasil yang terbaik.

Harapannya dapat menjadi bekal bagi seluruh Prajurit dalam menjaga kemampuan dasar untuk meningkatkan dan mempertahankan kesiapsiagaan yang profesional dalam mencapai tugas pokok.

“Kepada Danpuslat Pasrat Kolat Koarmada II sebagai ketua Tim uji terampil Glagaspur, kami ucapkan banyak terima kasih atas bimbingan yang diberikan. Sehingga kedepannya bisa menjadi tolak ukur dan menjadi acuan Prajurit dalam menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, handal, tangguh dan profesional,”terang Danlanal.(***)