Kapolres,Bupati dan Pabung Kodim 1207 Pimpin Apel Kesigapan Penanggulangan Bencana Karhutla Wilayah Hukum Polres Kubu Raya Tahun 2023

oleh -66 Dilihat

Kubu raya || bramastanews.com

 

Apel Kesigapan Penanggulangan Bencana Karhutla Wilayah Hukum Polres Kubu Raya Tahun 2023 berlangsung di PT. Pundi Lahan Khatulistiwa, RT. 003 / RW 003, Dusun Karya Usaha, Desa Kuala Mandor A, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya. Rabu, (22/2/23).

Dalam Amanatnya Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H., M.Kn, mengutarakan, Ucapan terimakasih atas inisiatif Kapolres Kubu Raya dalam menyelenggarakan apel kesiapsiagaan ini untuk persiapan antisipasi Karhutla di wilayah Kabupaten Kubu Raya Tahun 2023.

“Untuk diketahui bersama bahwa Kabupaten Kubu Raya menjadi salah satu lokasi yang memiliki struktur tanah gambut yang luas yaitu sekitar 70 %, hal ini tentunya membuat wilayah kita menjadi daerah yang rawan potensi timbulnya karhutla,” katanya.

” Oleh karena itu kami Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersama – sama melakukan upaya – upaya, latihan penguatan, serta manajemen dalam menanggulangi karhutla di wilayah Kabupaten Kubu Raya, ” tutur Muda.

” Kiranya agar bersama – sama melakukan monitoring titik – titik api melalui aplikasi dan agar diantisipasi wilayah – wilayah yang menjadi daerah rawan karhutla serta menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menimbulkan karhutla, yang mana kegiatan tersebut sangat memberikan dampak dalam upaya penyelamatan kesehatan dan perekonomian masyarakat luas, pinta Muda.

Selain itu, Muda mengungkapkan Bahwa dalam penanganan potensi terjadinya karhutla serta dalam upaya penanganannya, diupayakan / prioritas dilakukan pemadaman pada area pemukiman guna melindungi harta benda, nyawa, serta agar tidak mengganggu penerbangan pesawat di area Bandara, tegasnya.

Kemudian, Muda mengungkapkan, Dalam waktu dekat ini Pemda Kabupaten Kubu Raya akan menyelenggarakan rakor bersama Stakeholder terkait berikut melibatkan perusahaan swasta ( Perkebunan Kelapa Sawit ) dalam rangka manajemen tata kelola penanggulangan dan pencegahan karhutla, ucapnya.

Lebih dalam Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K., mengatakan, Hadirin peserta apel yang saya hormati, mengawali amanat ini, saya mengajak kepada kita semua untuk senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat hadir di lapangan PT. Pundi Lahan Khatulistiwa guna melaksanakan ” Apel Kesiapsiagaan Dalam Rangka Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan ” di Kabupaten Kubu Raya Tahun 2023.

” Apel gelar pasukan dan sarpras ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapsiagaan POLRI bersama instansi terkait lainnya dalam upaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya titik api dan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kubu Raya, ” tuturnya

” Kita pastikan kembali bahwa kondisi SARANA dan prasarana yang kita miliki sebagai alat penunjang penanggulangan karhutla dalam kondisi siap pakai, dan seluruh personil dan operator dari semua lini mampu mengoprasionalkan peralatan yang kita punya, kata Arief

Kemudian Arief mengatakan, sesuai perkiraan BMKG Tahun 2023 potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah propinsi Kalimantan Barat lebih besar di bandingkan dengan tahun 2022, hal ini sesuai dengan arahan bapak Presiden Republik Indonesia pada saat pelaksanaan rapat pimpinan TNI & POLRI tahun 2023 di Jakarta, ungkap Arief dalam amanatnya.

” Bahwa potensi kebakaran hutan dan lahan sangat besar, utamanya di propinsi Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Oleh karenanya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan menjadi salah satu fokus dan prioritas Polres Kubu Raya tahun 2023, tegas Arief.

Arief menuturkan, Kita sadari bahwa sarana dan prasarana sangat terbatas maka diperlukan adanya kordinasi dan kerjasama yang baik serta kesadaran yang tinggi dari seluruh elemen untuk bergerak maju bersama mencegah dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga kendala sebesar apapun yang terjadi di lapangan akan dapat kita selesaikan, ungkapnya

” Besar harapan saya, bila terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kubu Raya kita semua memiliki kepedulian dan tanggung jawab yang sama untuk bergerak menghentikan dan memadamkan secara bersama – sama, sehingga sekecil apapun titik api dapat kita kendalikan, harapnya

Lebih dalam Arief mengatakan, sebelum mengakhiri amanat ini saya berpesan agar seluruh personil TNI-POLRI dan para relawan dengan didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya mempersiapkan mental dan fisik yang prima dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi sehingga bila kebakaran hutan dan lahan terjadi kita secara bersama – sama siap menanggulangi.

” Hindari timbulnya ego sektoral dalam pelaksanaan tugas, dengan demikian kita akan mampu mengatasi setiap kendala di lapangan. saya ingatkan bahwa kebakaran hutan dan lahan tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab TNI- POLRI dan Pemerintah Daerah serta para relawan akan tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat, ” pungkasnya

Apel yang melibatkan Forkopimda dan seluruh Stakeholder Kabupaten Kubu Raya yakni, Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H., M.Kn, Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K.,PS. Kasubdit Tipsos KOMPOL Hasbullah, AR. S.H, Direksi PT. Pundi Lahan Khatulistiwa H. Darso ( Direktur Utama ), Darwisata ( Direktur Operasional ), Soepomo Ari Subroto ( Jendral Manajer ), dan Helmi ( Kepala Pabrik ), Dandim 1207/Pontianak diwakili Pabung Kab. Kubu Raya, LETKOL INF Dr. H.N. ALAMSYAH.S.Ag., M.E.I, PJU Polres Kubu Raya Kepala Basarnas Kab. Kubu Raya diwakili Kasi Ops Eryk, Kepala BPBD Kabupaten Kubu Raya diwakili Kabid Damkar Kubu Raya Yustini, Kepala Manggala Agni Wilayah Kalimantan VIII / Pontianak diwakili oleh Kada Ops Taufikurohman, Kasat Pol PP Kabupaten Kubu Raya diwakili Kasi rantib Despriadi, Kadishub Kubu Raya, Drs. Odang Prasetyo, M.Si., Camat Kuala Mandor B Ir. Nurwanti, M.M., Camat Sungai Raya Drs. M. Ikhsan Sukendar, M.Si, Camat Sungai Ambawang diwakili Sekretaris Kecamatan Sungai Ambawang Drs. Darussalam, Kapolsek Jajaran Polres Kubu Raya, Danramil 1207/06/Sungai Ambawang, Kapten Kav Edi Darmadi, 1 (satu) Regu Personil Koramil Sungai Ambawang, 1 (satu) Pleton gabungan Personil Sat Samapta Polres Kubu Raya dan Bhabinkamtibmas, 1 (satu) regu Personil Satpol PP Kabupaten Kubu Raya, 1 (satu) Regu Personil BPBD Kabupaten Kubu Raya, 1 (satu) Regu Personil Basarnas Kabupaten Kubu Raya, Damkar PT. Pundi Lahan Khatulistiwa, Damkar PKSA Kecamatan Sungai Ambawang, Damkar Siaga Kecamatan Sungai Raya dan Damkar Markopolo Kecamatan Rasau Jaya.

Sumber:Polres Kubu raya Polda Kalbar

JN/98