Anggota Kodim 1002/HST Ikuti Jambore Aksi Bersih Sungai dan Penanaman Pohon

oleh -63 Dilihat

Barabai || bramastanews.com

 

Dalam rangka momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN) tahun 2023, anggota Kodim 1002/HST bersama instansi terkait, organisasi kemasyarakatan dan warga masyarakat mengikuti jambore aksi bersih sungai dan penanaman pohon bersama di Kelurahan Bukat dan desa Pajukungan Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jum’at (24/02/2023).

Kegiatan diawali dengan apel bersama dilanjutkan dengan pembersihan bantaran sungai Barabai dari Kelurahan Bukan sampai dengan Desa Pajungan dan penanaman pohon.

“Disampaikan oleh Mursyidi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Hulu Sungai Tengah dalam rangka Hari peduli sampah Nasional tahun 2023 ini kami menggandeng instansi terkait untuk berpartisipasi dalam kegiatan jambore aksi bersih sungai dan penanaman pohon,”ujarnya.

“Sebanyak 600 pohon jenis (Jingah, Luak dan Pole) kita tanam sepanjang bantaran sungai Barabai untuk menguatkan bantaran sungai, memperbaiki ekosistem dan sebagai paru-paru dunia,”tambahnya.

“Sementara itu Peltu Matzain selaku yang tertua dari Kodim 1002/HST mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif sekali, mengingat bantaran sungai Barabai ini sangat rawan longsor apabila sering terjadi banjir,”ujarnya.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari pembinaan lingkungan oleh satuan Teritorial, dimana TNI membantu pemerintah daerah dalam rangka pelaksanaan pembinaan lingkungan.”tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Kodim 1002/HST, Polres HST, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kab. HST, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, BPBD Kab. HST, Papelingasih Kab. HST, TP PKK Kab. HST, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Tengah serta aparat desa Bukat dan desa Pajukungan serta warga masyarakat.(pendim1002).