,

DERITA Warga Kampung Cigangsa Cipeundeuy Tak Berkesudahan, LIMBAH dan BAU Menyengat Ancam Kesehatan

oleh -130 Dilihat
oleh

DERITA Warga Kampung Cigangsa Cipeundeuy Tak Berkesudahan, LIMBAH dan BAU Menyengat Ancam Kesehatan

BANDUNG BARAT / / Bramastanews.com_Derita Warga Kampung Cigangsa, Desa Nanggeleng, Kecamatan Cipeundeuy Bandung Barat seakan tak berkesudahan.

Bau menyengat serta ancaman limbah berbahaya menggempur kehidupan mereka setiap saat.

BACA JUGA  Sampah Berserakan Tak Beraturan Campur Limbah Industri, Aktivis Cipeundeuy: Dinas Lingkungan Hidup Tak Becus Kerja

Kondisi tersebut dikatakan sudah hampir 5 tahun dialami warga Kampung tersebut.

Penduduk yang berjumlah sekitar 40 Kepala Keluarga yang menampati kawasan terpencil mengaku berkali-kali sudah lakukan upaya protes terhadap aktivitas perusahaan yang timbulkan dampak pencemaran lingkungan.

BACA JUGA  Pasca Penertiban, Aktivitas Pembuangan Limbah Batubara di Cikamuning Masih Marak, Dinas Lingkungan Hidup KBB BUNGKAM

Sayangnya, maski telah dibantu Anggota DPRD setempat, persoalan gangguan lingkungan tersebut tak juga jelas penyelesaiannya, sampai saat ini.

Seorang warga saat diwawancara awak media pada 24/10/2024 menjelaskan,

“Kami sebagai warga merasa ditipu oleh perusahaan yang bernama PT. QL, sebab pada awal akan mulai beroperasi, mereka jelaskan bila perusahaan itu akan dijadikan pabrik sepatu. Tapi kenyataannya malah bergerak dalam bidang pengolahan kotoran ayam, yang jelas berdampak buruk bagi kami sebagai warga yang tinggal tak jauh dari lokasi usaha tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA  VIRAL..!! Warga Desa Karangsari Cipongkor Bandung Barat Iuran Untuk Bangun Jalan, Dana Desa Kemana ?

“Belum lagi ditambah dengan pencemaran yang juga ditimbulkan dari tempat kegiatan lainnya seperti tempat usaha PT. IBU, lapak milik Olih, dan tempat pembuangan limbah disebelahnya,” tambahnya kemudian.

“Perwakilan dari PT. QL saat musyawarah dengan warga sekitar 5 tahun lalu saat awal akan beroperasi menjanjikan beberapa poin kepada warga, diantaranya akan memberikan bantuan transportasi anak sekolah, Perbaikan jalan, bantuan kesehatan, dan sembako untuk warga,” terangnya lagi.

Kini warga berharap tempat-tempat usaha yang berdampak buruk dan menjadi gangguan kenyamanan serta kesehatan bagi mereka segera ditertibkan.

Sampai berita dimuat awak media belum mendapatkan keterangan resmi serta tanggapan dari pihak PT. QL maupun dari tempat usaha lainnya dilokasi tersebut.

(Gun) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *