Simulasi Pengamanan Pilkada 2024 Di Apresiasi PJ Bupati Garut

oleh -49 Dilihat

 

 

Garut, Bramastanews com

*GARUT, Tarogong Kidul* – Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, mengapresiasi pelaksanaan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Praja Tahun 2024 yang berlangsung di SOR RAA Adiwijaya, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, pada Kamis (15/8/2024). Dalam sambutannya, Barnas menekankan pentingnya komitmen untuk memastikan pengamanan di Kabupaten Garut berjalan tanpa kompromi.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah melaksanakan simulasi ini dengan baik. Apa yang kita lihat hari ini benar-benar seperti nyata, dan ini menunjukkan bahwa kita tidak main-main dalam memastikan keamanan di Garut,” ujar Barnas.

Selain itu, Pj Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Garut dan jajarannya atas persiapan matang dalam simulasi tersebut. Ia berharap agar Kabupaten Garut dapat terhindar dari situasi tidak kondusif, terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November mendatang.

Pihaknya ingin memastikan Pilkada di Garut berjalan aman dan nyaman, karena itu penting bagi KPU dan Bawaslu untuk mempersiapkan segala hal sesuai kewajibannya.

“Sehingga pada saatnya, khususnya kepada KPU Bawaslu untuk mempersiapkan seluruh hal-hal yang menjadi kewajiban agar terselenggara pemilihan kepala daerah secara aman dan nyaman,” ucapnya.

Barnas juga mengingatkan agar semua pihak dapat turut mengawal pelaksanaan pilkada nanti, sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.  Segala sesuatu dapat dilaporkan kepada pimpinan dengan baik, agar komunikasi dalam pelaksanaan pilkada di Kabupaten Garut dapat berjalan dengan baik.

“Kami ingin pemilihan kepala daerah di Kabupaten Garut ini terselenggara dengan baik, aman dan nyaman. Karena dengan aman dan nyaman masyarakat akan merasakan apa yang akan dicapai nanti,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Garut, AKBP Mochamad Fajar Gemilang, menyampaikan ungkapan terimakasih serta rasa bangga kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan simulasi sispamkota pada hari ini. Ia menyatakan rasa bangganya terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam simulasi Sispamkota. Menurutnya, simulasi ini sangat penting untuk mengukur kesiapan Garut dalam menghadapi Pilkada 2024.

BACA JUGA  Sertijab Kapolsek Sukatani Berjalan Baik dan Khidmat

“Simulasi dimaksudkan untuk melihat bagaimana kesiapan personil, kesiapan logistik, penggunaan sarana dan prasarana dan terutama sinergi, kolaborasi, dan kerja sama masing-masing stakeholder dapat dilaksanakan dengan baik,” ucapnya.

Ia bersyukur simulasi pada hari ini dapat berjalan dengan baik, meskipun begitu ia berharap Kabupaten Garut dapat tetap dalam kondisi yang aman dan damai.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa simulasi ini dilaksanakan agar pihaknya dapat siap jika terjadi suatu keadaan kontigensi atau keadaan yang terburuk.

“Alhamdulillah pagi ini kita dapat menunjukkan kemampuan dan profesionalitas kita dalam mengamankan pilkada 2024 sehingga masyarakat Garut kita harapkan dapat aman, tertib dan damai,” ujarnya.

Senada dengan Kapolres Garut, Dandim 0611/Garut, Letkol Czi Dhanisworo, juga menekankan pentingnya simulasi ini sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan terburuk yang bisa terjadi selama Pilkada. Ia mengajak semua pihak, termasuk TNI, Polri, dan instansi terkait, untuk terus menjaga sinergitas dan kewaspadaan.

BACA JUGA  Isra Mi'raj Hanya Mungkin Dipahami Dari Dimensi Spiritual. Tidak Dengan Kepongahan Intelektual

“Apa yang menjadi pelatihan tadi sebagai pedoman bagi kita semua supaya pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan sebentar lagi dapat berjalan tertib, aman dan lancar,” ucapnya.

Dhanisworo berpesan kepada seluruh pihak baik TNI Polri ataupun instansi terkait dapat selalu menjaga sinergitas, kesehatan, serta selalu peka dan waspada terhadap hal-hal yang dapat terjadi di Kabupaten Garut.

“Hormat dan bangga saya kepada seluruh pelaku penyelenggara sehingga pelaksanaan kegiatan Operasi Mantap Praja Lodaya dalam simulasi sispamkota dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” tandasnya.

Acara simulasi yang berjalan lancar ini diharapkan dapat memperkuat kesiapan Garut dalam menghadapi Pilkada 2024, demi terciptanya suasana yang aman, tertib, dan damai.(Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *