Kreativitas Mahasiswa Fashion Design BINUS University di Ajang MUFFEST+ 2024

oleh -30 Dilihat
oleh

Jakarta, 9 Agustus 2024 – BINUS University Fashion Design dengan bangga mengumumkan partisipasinya dalam ajang MUFFEST+ 2024 yang akan digelar di Istora Senayan Jakarta pada 8-11 Agustus 2024. Mengikuti jejak tahun-tahun sebelumnya, tahun ini BINUS University akan menampilkan karya dari dua mahasiswa berbakat, Rula Nahid dari Nahid Studio dan Yoshella Silalahi, yang membawa tema “Magali”.

Karya bertajuk “Magali” terdiri dari tujuh rangkaian pakaian kasual serta semi-formal yang dilengkapi dengan aksesoris yang menggambarkan nilai-nilai perempuan. Koleksi ini menonjolkan motif-motif feminin seperti bunga mawar, teratai, dan Narcissus, yang bertujuan merayakan pemberdayaan kaum wanita. Karya-karya ini menonjolkan estetika sekaligus menyampaikan pesan kuat tentang kekuatan dan keindahan perempuan.

“Program studi Fashion Design BINUS University sendiri sudah sering aktif ikut MUFFEST dari tahun ke tahun. Saya rasa, ini adalah kesempatan yang bagus untuk mendapatkan exposure nyata dari industri, terutama bagi mahasiswa yang tertarik membuat koleksi Muslim wear. Mereka jadi bisa membuktikan kalau mereka pantas menjadi bagian dari industri fashion dan diharapkan dapat menjadi entrepreneur muda handal,” tutur Ratna Dewi Paramita, MA., selaku Head of Program Fashion Design di BINUS University. 

BACA JUGA  Rumah Ayu Adakan Tenants Gathering dan Launching Website Didukung oleh Plugo

Image

Selain itu, beliau juga mengakui seberapa kuat potensi busana Muslim di Indonesia, sehingga berpartisipasi di MUFFEST+ 2024 akan memperkuat ilmu, keterampilan, serta kreativitas mahasiswa. 

“Industri fashion muslim Indonesia saat ini sangat berkembang sekali, dan merupakan salah satu industri yang terbesar. Sebagai gambaran, negara kita berada di urutan ke-5 terbesar di dunia dengan jumlah pengeluaran tertinggi untuk Muslim wear. Ini juga pas dengan tema MUFFEST+ 2024, yaitu Flying to the Global Market untuk menjadikan Indonesia sebagai trendsetter busana Muslim di dunia,” ucap Ratna.

Sama seperti Ratna yang menaruh harapan tinggi pada keikutsertaan BINUS University pada ajang MUFFEST+ 2024, para mahasiswa yang akan menampilkan karya mereka juga merasa terhormat bisa mengikuti acara bergengsi ini dari tahun ke tahun.

“Excited banget bisa ikutan jejak senior dulu menampilkan karya di acara selevel MUFFEST! Apalagi, ini kesempatan kedua saya setelah acara tahun 2023 lalu,” kata Yoshella Silalahi, sebelum dilanjutkan dengan, “Saya sendiri sudah bekerja keras dari membuat konsep, menjahit pakaiannya, dan melakukan fitting. Apalagi, temanya juga selaras dengan nilai-nilai yang saya pegang.”

BACA JUGA  BAYWALK MALL RAYAKAN TAHUN NAGA KAYU DENGAN MENGGELAR EVENT "THE GLORIOUS ORIENTAL" ACARA TAHUN BARU IMLEK SPEKTAKULER DI JAKARTA

“Sebenarnya, saya sudah pernah ikutan MUFFEST tahun lalu di The Westin Setiabudi bareng Yoshella, dan rasanya honored sekali bisa kembali berpartisipasi tahun ini,” kata Rula Nahid. “Saya ingin membawakan karya yang berbeda dan lebih baik dari apa yang sudah saya tunjukkan pada ajang sebelumnya.”

Sebagai tanggapan atas suka cita para mahasiswa BINUS University yang akan menampilkan karya busana mereka pada panggung MUFFEST+ 2024, Ratna menambahkan, “Besar harapan kami agar karya-karya mahasiswa BINUS University dapat menjadi dikenal dan diakui oleh perwakilan industri fashion di Indonesia sebagai salah satu desainer muda dan calon penerus dalam sektor tersebut kelak.”

Partisipasi ini menunjukkan bahwa BINUS University berkomitmen mencetak tenaga kreatif yang melek tren busana terkini serta membekali mereka dengan pengalaman nyata di industri, sesuai dengan semangat mengembangkan dan memberdayakan masyarakat demi memajukan bangsa. Komitmen tersebut tercermin dalam kurikulum Fashion Design yang tidak hanya menekankan pembelajaran teori di dalam ruang kelas, tetapi juga kesempatan ikut serta di pagelaran busana ternama dan mendapatkan perhatian dari perwakilan industri.

BACA JUGA  Serra Living di Serpong, Alam Sutera: Peluncuran Showroom yang Menawarkan Kemewahan dan Kemudahan Custom Furniture untuk Keluarga Modern

“Melalui semangat fostering dan empowering, kami berharap mahasiswa dapat menjadi teladan, dan duta pemberdaya yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan merintis bisnis di area Muslim wear dan berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan ekonomi kreatif dalam subsektor fashion,” tutup Ratna di penghujung wawancara.

Dengan semangat ini, BINUS University terus berupaya untuk mendukung dan mendorong kreativitas mahasiswa agar dapat bersaing di pasar global. Keikutsertaan di MUFFEST+ 2024 adalah salah satu langkah nyata untuk mewujudkan visi tersebut. BINUS University mengundang seluruh masyarakat dan pecinta fashion untuk hadir dan menyaksikan karya-karya inovatif dari mahasiswa Fashion Design di MUFFEST+ 2024 yang diadakan pada tanggal 8-11 Agustus 2024 di Istora Senayan Jakarta.

Penulis: Editor

Gambar Gravatar
Direktur Di PT. Internusa Media Group