,

DLH Purwakarta Akhirnya Terjunkan Truk Pengangkut, Respon Pengajuan Warga Soal Sampah di Desa Depok

oleh -615 Dilihat
oleh

Purwakarta || Bramastanews.com_Respon pengaduan masyarakat yang berdomisili di kampung Nanggeleng Rt 03 Desa Depok Kecamatan Darangdan terkait sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta melalui Bidang Persampahan akhirnya turunkan truk pengangkut sampah pada Kamis (1/8/2024).

Diketahui sebelumnya, warga di daerah tersebut adukan perihal persoalan sampah yang sudah menggunung diwilayahnya namun tak kunjung dapatkan penanganan dari pemerintah setempat.

Sehingga pada Kamis (25/7/2024) warga Kampung Nanggeleng Desa Depok tersebut datangi kantor Dinas Lingkungan Hidup, setelah sebelumnya mengajukan permohonan untuk bertemu dengan Kepala Bidang Persampahan.

Dari hasil pertemuan warga yang didampingi Organisasi KMP (Komunitas Madani Purwakarta) bersama Anggoro, Kabid Persampahan di Dinas LH disepakati jika permohonan warga akan diakomodir dalam waktu dekat.

Truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup kab Purwakarta saat di Desa Depok (1/8/2024). 

Sehingga pada Kamis (1/8/2024) truk pengangkut sampah dari Dinas LH akhirnya sampai ke Lingkungan warga.

Menanggapi adanya truk sampah yang datang untuk angkut sampah diwilayahnya, beberapa warga berikan respon positif,

“Alhamdulillah ada pihak yang masih peduli terhadap kebersihan dilingkungan kita, ini gebrakan buat pihak Desa, sebab sudah lama soal sampah ini menjadi keluhan warga namun mereka tak bisa tangani,” ungkap salah satu warga.

“Kondisi tempat sampah dibawah sekarang sudah bersih, Alhamdulillah ada warga yang sampai berhari-hari bersihkan sampah gunakan plastik sampah berukuran besar sehingga akhirnya dimuat ke truk, saya sangat mendukung kegiatan warga yang mau terjun langsung seperti itu,” tambah warga lainnya.

Aktivitas warga saat bersihkan sampah di sekitar irigasi yang sudah menggunung.

Menurut salah satu personil kebersihan yang sudah beberapa hari bersihkan lingkungan disekitar tempat sampah di RT 02,

“Saya diajak oleh kang Gugun untuk bersihkan sampah dan lokasi sungai sejak seminggu kemarin, karena kondisi lingkungan disini saya lihat perlu dibersihkan, ya saya bantu, jadi yang memprakarsai kegiatan ini beliau,” jelasnya.

“Sebagai masyarakat saya berharap upaya ini akan terus berlanjut, sebab ternyata tadi warga yang biasa buang sampah ke pinggir sungai tanya ke saya, selanjutnya harus seperti apa, tanya seorang Ibu ke saya,” jelasnya.

Terkait persoalan sampah memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari, sebab setiap keluarga hasilkan sampah rumah tangga setiap harinya.

Pengelolaan sampah menjadi persoalan apabila tidak segera ditangani dengan bijak, dan untuk itu seharusnya pihak pemerintah setempat dalam hal ini pemerintah Desa berperan aktif dalam pengelolaannya.

Namun jika pihak pemerintah Desa seperti yang terjadi di Desa Depok, ternyata tak bisa tangani persoalan sampah diwilayahnya.

Sudah saatnya warga ambil bagian dalam penanganan sampah tersebut, sebab persoalan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *