Kabid PPKL DLH Kab. Bekasi Hadiri Acara Penanaman Pohon Bersama FajarPaper, Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

oleh -86 Dilihat

¥KABUPATEN BEKASI || PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan terkemuka yang merupakan anggota dari SCGP di Indonesia, melaksanakan kegiatan penanaman pohon di area perusahaan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Bekasi pada 26 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan manajemen dan karyawan FajarPaper, serta perwakilan dari DLH Kab. Bekasi yaitu Kepala Bidang PPKL, didampingi oleh tim. Inisiatif ini menjadi bukti nyata kepedulian FajarPaper untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dalam pelestarian alam.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKL), Bapak Duarte DJ Fernandez, menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif FajarPaper dalam upaya melestarikan lingkungan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dalam sambutannya, ia juga mengapresiasi langkah FajarPaper yang menggandeng pemerintah daerah dalam kegiatan pelestarian lingkungan ini, serta mendukung sepenuhnya upaya FajarPaper untuk menciptakan dampak positif bagi kelestarian alam.

Kabid PPKL DLH Kab. Bekasi Hadiri Acara Penanaman Pohon Bersama FajarPaper,Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024
Kabid PPKL DLH Kab. Bekasi Hadiri Acara Penanaman Pohon Bersama FajarPaper,
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

Perwakilan Manajemen PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Thomas Kosim, mengatakan, “Penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini merupakan wujud dari komitmen perusahaan dalam mendukung keberlanjutan lingkungan. Kegiatan penghijauan yang dilakukan FajarPaper merupakan agenda rutin yang kerap dilakukan di lingkungan perusahaan.”

BACA JUGA  Caleg DPRD Provinsi Jatim Ghina Rabbani Wasisto Ajak Pedagang Pasar Dukung Capres Nomer Urut 3

“Penanaman pohon di ruang hijau yang berada di area pabrik FajarPaper membuat keseimbangan yang ideal antara area industri dan area penghijauan, sehingga lingkungan kerja yang ideal dapat tercipta. Pelaksanaan kali ini dipilih pohon Mahoni yang merupakan jenis pohon berbatang keras dan mampu membantu menjaga keberlangsungan ekosistem yang asri. FajarPaper juga menggandeng DLH Kab. Bekasi dalam pelaksanaannya, kami berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk mengambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan.” Lanjut Thomas.

Perwakilan Manajemen PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Ardie Oscar, mengatakan “FajarPaper sebagai produsen kertas yang menggunakan kertas dan kardus bekas sebagai bahan baku, mengerti arti penting pohon bagi keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan lingkungan. Hari ini, ditanam 20 pohon Mahoni di area pabrik. Dengan adanya penanaman pohon ini, diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan upaya pengurangan dampak lingkungan.”

Pemilihan pohon Mahoni tidak hanya dilihat dari manfaatnya, namun juga kekuatan yang dimiliki. Selain sebagai pohon yang dikenal dapat menyaring udara dan pelindung karena kerindangannya, pohon Mahoni juga merupakan pohon yang mampu bertahan hidup di tanah gersang sekalipun. Kekuatan inilah yang sekaligus menjadi harapan FajarPaper dapat bertahan kokoh seperti halnya pohon Mahoni.

Perwakilan karyawan FajarPaper, Aryanto mengatakan “Mewakili karyawan FajarPaper, kami merasa bangga menjadi bagian dari perusahaan yang peduli terhadap lingkungan. Kegiatan penanaman pohon ini memberikan kami kesempatan untuk berkontribusi langsung dalam menjaga alam di dalam maupun di luar perusahaan. Kami berharap bisa terus melibatkan diri dalam inisiatif serupa di masa mendatang.”

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan oleh FajarPaper. Sebelumnya, aksi kegiatan menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kab. Bekasi telah dimulai sejak 5 Mei 2024 dan puncaknya pada 5 Juli 2024, dilakukan dengan berbagai aksi kegiatan seperti aksi bersih sungai, penanaman mangrove, sepeda sehat, dan kegiatan lainnya. FajarPaper telah berpartisipasi dalam kegiatan aksi bersih sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) pada bulan Mei 2024, dan bulan ini perusahaan melaksanakan aksi penanaman pohon. FajarPaper berharap rangkaian kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan hidup dan inspirasi untuk turut serta dalam upaya pelestarian alam, sehingga tercipta lingkungan yang lebih hijau dan sehat bagi generasi mendatang.

BACA JUGA  Panwascam Cikarang Timur Gelar Press Release Tentang Pemilu Tahun 2024

 

Tentang Fajarpaper

FajarPaper, salah satu perusahaan terkemuka di bidang usaha manufaktur kertas untuk kemasan yang memproduksi containerboard (liner dan corrugating medium) dan boxboard, dan dipasarkan ke dalam maupun beberapa negara lain. Dengan menggunakan 100% kertas bekas sebagai bahan bakunya, FajarPaper turut mencegah kerusakan hutan alam, pencemaran lingkungan hidup, dan menerapkan keberlangsungan dalam proses produksinya.

 

FajarPaper berkomitmen melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud tanggung jawab terhadap masyarakat yang mencakup bidang pendidikan, kemasyarakatan, dan lingkungan hidup. Dalam bidang pendidikan, FajarPaper memiliki program diantaranya renovasi sekolah, pemberian alat sekolah ke Sekolah Dasar, dan beasiswa. Melalui bidang kemasyarakatan atau sosial, FajarPaper membantu daerah yang terkena banjir dan menyediakan instalasi air bersih, serta aspek lingkungan, menyediakan sarana pengangkut sampah dan secara rutin juga melakukan program bersih sungai di Desa Kalijaya.

 

Reporter : (Latif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *