Sekda PALI, Resmikan Pestival Candi Bumi Ayu Tahun 2024

oleh -112 Dilihat

PALI – Sumatera Selatan BramastaNews.Com

Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menyelenggarakan Festival Candi Bumi Ayu untuk melestarikan warisan budaya, Kamis (30/5/2024).

Rangkaian Festival Candi Bumi Ayu berlangsung di halaman kawasan Candi Bumi Ayu Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI selama tiga hari, mulai tanggal 29 hingga 31 Mei 2024.

Festival Candi Bumi Ayu di hari kedua ini dengan agenda lomba teatrikal, secara resmi dibuka Bupati PALI Dr. Ir. H. Heri Amalindo MM diwakili Seketaris Daerah (Sekda) PALI Kartika Yanti,SH,MH dan dihadiri Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Selatan, Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah VI Sumatera Selatan,Dewan Keseniaan Sumatra selatan, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel,Icmi Orwil Sumatra Selatan,Disbudpar MUBA, sejumlah OPD lingkup Kabupaten PALI, Camat Tanah Abang,Polsek Tanah Abang, TNI, tokoh agama tokoh adat, serta tokoh masyarakat.

BACA JUGA  Dansatbrimob Pimpin Apel Kesiapsiagaan Dan Cek Perfomance Personel Satbrimob Polda Kalbar

Dalam sambutannya,Sekda PALI Kartika Yanti,SH,MH menyapaikan ajakan kepada masyarakat berperan aktif melestarikan dan menjaga cagar situs cagar budaya warisan leluhur.

“Kami ucapkan selamat datang kepada semua yang hadir di candi Bumi Ayu,dan Kami mengajak masyarakat pada momen Festival Candi Bumi Ayu ini untuk berperan aktif melestarikan budaya dengan cara melindungi, manfaatkan dan mengembangkannya agar tetap terpelihara,”ujarnya

Sekda PALI juga menyampaikan bahwa Festival Candi Bumi Ayu sengaja digelar sebagai upaya pemerintah dalam melestarikan cagar budaya yang ada di PALI.

“Cagar budaya adalah warisan berwujud benda yang merupakan peninggalan peradaban pada masa lampau. Hal inilah yang perlu kita pelihara dan lestarikan. Dan menggelar Festival Candi Bumi Ayu merupakan upaya pemerintah agar cagar budaya bisa terjaga di Bumi Serepat Serasan,” katanya.

Menurut dia, Candi Bumi Ayu merupakan kewenangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah VI Provinsi Sumatera Selatan,namum pemanfaatan dan mengembangkannya merupakan tanggung jawab Daerah.

Sementara itu,Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten PALI Novita Febriyanti ST. MT dalam sambutannya juga mengatakan festival candi bumi ayu kali ini digelar dengan mengusung tema “Melestarikan Cagar Budaya Melalui Kesenian Tradisional Untuk Ketahanan Budaya”

“Adapun tujuan diselenggarakan Festival Candi Bumi Ayu ini ialah bagian dalam mempertahankan keberadaan cagar budaya dan nilai-nilai yang melekat dengan cara melindungi dan melestarikannya” ujar Novita

BACA JUGA  Kode Register Desa Persiapan Terbit, Camat Abab Harapkan Pjs. Kades Raman Mulia Segera Diusulkan

Kadisbudpar juga menjelaskan bahwa berbagai macam kegiatan digelar dalam Festival Candi Bumi Ayu tahun 2024. Seperti permainan tradisional rakyat,enggrang,bakia,bolak balik balok, lomba teatrikal, lomba mewarnai tingkat TK dan SD Sekecamatan Tanah Abang dan seminar budaya serta pelantikan dan pemantapan Dewan Kesenian Kabupaten PALI

Lanjutnya, lomba teatrikal berasal dari 17 kabupaten kota di Provinsi Sumsel, kemudian seminar budaya,dan hari ini juga kita akan melakukan pelantikan dan pemantapan Dewan Kesenian Kabupaten (DKP)PALI Periode Tahun 2021-2026 yang didanai bersumber dari DPA Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.(Red/Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *