Strategi Ramadan Banyak Rezeki: Tips Ampuh untuk Memajukan UMKM dengan Influence ID

oleh -33 Dilihat
oleh

Seminar offline untuk UMKM lokal, diselenggarakan oleh Influence ID dan Konekios di Rumah Wijaya, Jakarta Selatan Sabtu 9 Maret 2024. Seminar ini fokus membahas strategi branding dan marketing untuk UMKM di momen Ramadan.

Image

Influence ID berkolaborasi dengan Konekios dalam seminar offline yang diselenggarakan di Rumah Wijaya, Jakarta Selatan pada 2 Maret 2024 yang bertemakan “Ramadan Banyak Rezeki”.

Seminar yang diikuti oleh 28 pelaku UMKM ini membahas cara cepat membuat bisnis jadi semakin melesat di Bulan Ramadan dengan website yang menarik dan strategi Influencer marketing untuk usaha UMKM yang disampaikan langsung oleh M. Rheza Gemadipada selaku CEO dari Koneksi Group dan Matt Junior, CEO & Co-Founder dari Influence ID.

Image

Acara yang di dukung oleh Future Lestari ini dibuka dengan materi dari M Rheza Gemadipada yang membahas Website sebagai branding tools. Menurut Reza, saat ini semua usaha wajib hukumnya eksis di dunia digital, terutama di mesin pencarian daring. “Banyak yang bisa dilakukan agar usaha kita muncul saat calon pembeli kita mencari informasi mengenai produk atau barang yang kita jual seperti eksistensi website, google Ads, social media sampai fitur AI Google. Dan kalau dihitung biaya, Iklan Google jauh lebih murah dibanding print flyer” ujar Rheza sambil memperlihatkan layar presentasinya. 

BACA JUGA  Penanaman 294 Pohon Alpukat dalam Program Gabung Aksi LindungiHutan di Semarang

Image

Acara dilanjut dengan presentasi dari pembicara kedua, Matt Juniorr, yang memberikan materi strategi influencer marketing efektif pada Ramadan untuk pelaku UMKM. Menurut Matt, dengan jumlah pengguna sosial media di Indonesia yang meningkat tiap tahunnya dan dengan data dari statista yang menyebutkan 46% audience di social media membeli produk karena melikat konten influencer. “Secara garis besar ada dua cara memaksimalkan memaksimalkan momen Ramadan dengan influencer marketing yaitu: menentukan tujuan campaign apakah mau viral atau mau mengejar penjualan dan dengan memilih influencer sesuai segmen audience dari produk” ujar Matt.

BACA JUGA  Horison Hotel Peduli Berbagi Harapan: Sumbangan Dana untuk Palestina Mengalir Melalui Baznas

Dalam sesi pemaparannya, Matt juga menyampaikan cara mencari Influencer yang cocok untuk promosi UMKM “Jangan asal pilih influencer dengan menebak-nebak apakah profilnya cocok atau tidak, untuk Ramadan campaign influencer marketing harus benar-benar mencocokkan kebutuhan atau objective produk dengan profil influencer-nya”. Mencari informasi mengenai profile followers dari Influencer bisa dengan meminta internal data ke Influencer secara langsung atau melalui platform Influence ID. “Kalau di platform Influence ID, teman-teman disini gak perlu menebak-nebak kecocokan influencer dengan produk. Data followers mulai dari gender, usia, dan lokasi dapat dicocokkan dengan objective campaign Ramadan”

BACA JUGA  Telepon Internet Berbasis AI “MiiTel” Lampaui 50.000 Pengguna

Image

Antusiasme  dalam acara ini terlihat dari banyaknya audience yang bertanya dari sesi Q&A sampai sesi presentasi selesai dan di lanjut ke sesi konsultasi langsung di booth Influence ID dan Konekios. Sebanyak 28 owner UMKM bersemangat mengikuti sesi konsultasi langsung yang dipandu oleh team Influence ID dan Konekios. Sebagai platform Influencer Marketing dan platform pembuatan website local Indonesia, Influence ID dan Konekios terus mendukung perkembangan bisnis local dengan pendampingan serta pelatihan yang dapat membantu pengembangan bisnis di ranah digital.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Penulis: Editor

Gambar Gravatar
Direktur Di PT. Internusa Media Group