Rangkaian Selebrasi dan Kompetisi Bahasa Inggris bagi Anak Muda Indonesia Warnai Kemilau 40 Tahun The British Institute (TBI)

oleh -29 Dilihat
oleh

Jakarta, 27 Februari 2024 – Dalam era yang serba cepat dan penuh tantangan, pendidikan tidak lagi hanya tentang pengetahuan dan kemampuan akademik, namun pendidikan holistik berkelanjutan melalui keterampilan bahasa asing khususnya bahasa Inggris pada generasi muda. Selain untuk kebutuhan formal dan non-formal, penguasaan bahasa Inggris bukan tidak hanya akan berdampak pada adaptasi global namun juga meningkatkan penguasaan teknologi digital, serta aktualisasi diri agar lebih percaya diri dalam kompetisi globalisasi.

Image

Sejak 18 Februari 1984, The British institute (TBI) hadir di Indonesia menjawab kebutuhan berbahasa Inggris bagi seluruh lapisan masyarakat. Beragam program bahasa Inggris untuk usia dini hingga dewasa ditawarkan dan disesuaikan dengan kebutuhan tiap individu di setiap level umur sehingga dapat mengakselerasi kesiapan dan ketangkasan setiap siswa secara terstruktur.

Berangkat dari mimpi menjadi pionir sebagai lembaga bahasa Inggris terdepan di Indonesia, TBI sendiri kini sudah memiliki cabang-cabang yang tersebar di berbagai kota di Jakarta dan luar kota seperti; Pondok Indah, Kuningan, Kelapa Gading, Depok, Cibubur, Kota Wisata, Bandung, Malang. Dilengkapi dengan jajaran para tenaga pengajar baik penutur asli (native) maupun lokal (non-native) yang mengantongi sertifikasi internasional sebagai modal penunjang kredibilitas pengajar.

Melalui keterangan Marketing Communication Manager TBI, Diah Pratiwi Soehendro, ia menilai pentingnya meningkatkan kualitas SDM Indonesia melalui pendidikan yang menyeluruh disertai pengembangan keterampilan. “Hal itu dapat mempengaruhi cakupan daya saing SDM dimana penguasaan bahasa Inggris menjadi pijakan yang kuat dalam komunikasi lintas bahasa dan menjadi keterampilan krusial di masa depan yang semakin terhubung secara global.”

Empat dekade sudah TBI hadir dalam dunia pendidikan sebagai lembaga pelatihan bahasa Inggris di Indonesia dan dalam perayaan ulang tahunnya yang ke-40 ini TBI perkuat komitmen untuk terus adaptif di segala lini industri dengan menggaungkan core values yaitu; transformasi (transformation), membangun (build), dan inovasi (innovation).

“Perjalanan menuju usia 40 tahun bukan hal yang mudah dilalui, namun kami berhasil bertahan dan terus bergerak maju. Perhelatan ulang tahun TBI ke-40 menjadi sebuah langkah awal kami membuka oportunitas baru yang lebih luas melalui berbagai program pelatihan bahasa Inggris yang adaptif, komunikatif dan praktikal. Kilas balik kami merupakan hasil kerja keras yang solid untuk tumbuh kembang bersama menjadi satu sinergi yang kuat”, ujar Reza Suriansha, selaku Presiden Direktur TBI.

Mengusung tema “Transform Yourself, Build Confidence, Innovate for the Future”, ajang kompetisi tahunan, TBI English Challenge, kembali digelar tahun ini sebagai momen yang paling menonjol dari rangkaian seremonial TBI 40th Anniversary yang dilaksanakan serentak di seluruh cabang TBI pada tanggal 20–27 Februari 2024 secara luring.

Ajang bergengsi ini didesain untuk mengakomodasi pelajar skala nasional SD, SMP, dan SMA sederajat untuk bersaing sehat sembari memperluas jaringan sosial dengan fokus pengembangan kemampuan bahasa Inggris. Berbagai kategori TBI English Challenge yang diperlombakan tahun ini adalah; Spelling Bee, Storytelling, Quiz, Writing, Speech, dan Reading Aloud.

ImageImageImage

TBI English Challenge merupakan salah satu upaya memotivasi para siswa/i Indonesia dalam memantapkan langkah mereka ke depan melalui pengalaman nyata dan memperkuat keterampilan komunikasi mereka secara optimal. Kompetisi seperti ini membuktikan bahwa pendekatan holistik terhadap pembelajaran bahasa Inggris dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga siap bersaing di kancah internasional.

Dikemas secara meriah dengan berbagai macam kegiatan seru seperti games, pertunjukkan musik dan drama, arts & crafts, pop-up store, dan aktifitas menarik lainnya, acara ini berhasil menggaet banyak siswa/i dari sekolah-sekolah terbaik dari dalam maupun luar kota. “Antusiasme seperti ini yang kami harapkan dapat menginspirasi seluruh anak bangsa dalam mengembangkan potensi sehingga membentuk mereka menjadi individu unggul yang dapat memberikan dampak signifikan melalui kontribusi positif di masyarakat luas”, tambah Diah.

BACA JUGA  Webinar Digital Marketing GRATIS, LindungiHutan Bagikan Cara Manfaatkan Trend Green Marketing dan Green Branding

Image

Para pemenang TBI English Challenge berkesempatan mendapatkan hadiah uang tunai, piala, sertifikat, merchandise, TBI study voucher dan shopping voucher dari beberapa mitra kerjasama. Acara TBI 40th Anniversary ini turut didukung oleh banyak pihak, beberapa diantaranya adalah UniSadhuGuna Testing Centre (UTC), Prodia, Kacamata Blushing, Trans Snow World Bintaro, Hero Supermarket – Terogong, Kyoreen Dental Aesthetic, Alamii Food.

Tidak hanya itu, khusus bulan ulang tahun, selama Februari 2024 TBI pun memberikan berbagai penawaran menarik bagi para calon murid yaitu potongan harga sebesar 18% untuk biaya kursus bahasa Inggris, study voucher TBI Digital Learning (program blended learning & self-study), voucher TBI Teacher Training (program GITE, ITEC, ITEP, CELTA), diskon spesial pemeriksaan kesehatan sebesar 10+5% di seluruh cabang Prodia* (Syarat & ketentuan berlaku)

Menginjak tahun ke-40, TBI berharap dapat terus mengukir prestasi besar dan meningkatkan kredibilitas sebagai lembaga pelatihan kursus bahasa Inggris terpercaya di Indonesia dan membawa nama besarnya sampai ke ruang lingkup antarnegara. Kesuksesan ini tidak lepas dari sebuah kerja keras serta kerjasama dan dukungan yang sangat baik tidak hanya dari seluruh jajaran pendiri, management dan karyawan melainkan para siswa, orang tua serta mitra-mitra kerjasama yang turut membesarkan nama TBI.

ImageImage

“TBI terus berinovasi dan bertransformasi menciptakan terobosan terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari segala lini industri peroleh pelatihan bahasa Inggris. Kami akan terus pertahankan eksistensi dan melebarkan sayap dengan rencana sebaran cabang-cabang TBI melalui perluasan kerjasama TBI Franchise tahun ini untuk wujudkan perubahan demi mendukung agenda besar Indonesia maju 2045”, tutup Diah dalam keterangannya.

Tentang The British Institute (TBI)

TBI, didirikan pada 18 Februari 1984 sebagai salah satu institusi pendidikan yang berfokus pada pelatihan bahasa Inggris. TBI yang didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) adalah satu-satunya penyedia pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

BACA JUGA  Pembelian Token PEPE di Blockchain Ethereum di P2P Beli Finance X CryptoWatch

Dengan menerapkan metode pengajaran eklektik (eclectic approach), TBI menitikberatkan pelajaran di kelas pada kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal. TBI memiliki tenaga pengajar baik asing (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas dalam memilih lembaga kursus yang tepat dan berkualitas.

TBI yang didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA – The Certificate in English Language Teaching to Adults.

Program-program TBI

Core Programmes

• Young Learner English

• Global English

• Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)

• Professional English

• Corporate Training

Customised Programmes

• Workshop for Professionals

• Private Classes

• International Exam Prediction Test

Powered by UTC

• ICAS

• Teacher Training

• CELTA

• Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)

• Digital Learning

Lokasi Cabang TBI:

Jakarta: Pondok Indah, Kuningan, Kelapa Gading

Depok

Cibubur

Kota Wisata

Bandung

Malang

TBI telah berhasil mendidik lebih dari 55.000 siswa, mulai dari anak-anak umur 4 tahun, pelajar & mahasiswa, karyawan, instansi lokal maupun internasional, Lembaga Permerintahan, tenaga pendidik, entrepreneur, institusi pendidikan, dan banyak lainnya.

Info lebih lanjut:

Diah Pratiwi Soehendro

Marketing Communication & PR Manager

The British Institute

Jl. Terogong No.32, Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430

T: 021-278 26169 | M: 0813 1227 9870

E: [email protected]

Website : www.tbi.co.id

Facebook: The British Institute | Instagram: @my.tbi

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Penulis: Editor

Gambar Gravatar
Direktur Di PT. Internusa Media Group