Industri E-commerce Indonesia Terus Tumbuh Positif, Kolaborasi Dengan E-commerce Enabler Jadi Kunci

oleh -37 Dilihat
oleh

Perkembangan dan pertumbuhan industri e-commerce berpotensi menyentuh US$160 miliar (Rp2,51 kuadriliun) pada 2030 mendatang. Berkolaborasi dengan partner e-commerce enabler menjadi kunci untuk menangkap potensi pasar tersebut.

Jakarta, 20 Februari 2024 – Pertumbuhan e-commerce di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Menurut riset SEA e-Conomy 2023 dari Google, Temasek, dan Bain & Company menyebut gross merchandise value (GMV) e-commerce Indonesia di tahun 2023 menyentuh US$62 miliar (Rp975,3 triliun) dan berpotensi menyentuh US$160 miliar (Rp2,51 kuadriliun) pada 2030 mendatang.

Menurut Momentum Works, pada 2023 Indonesia termasuk negara dengan transaksi e-commerce tertinggi di kawasan Asia Tenggara menyumbang 52% total GMV di kawasan ini. Akan tetapi nilai transaksi e-commerce masih terbilang kecil dibanding ritel offline. Oosga menyebut di tahun 2022 transaksi e-commerce Indonesia hanya 3,42 persen dari transaksi ritel offline. Hal ini masih cukup jauh perbedaannya jika dibandingkan dengan Amerika Serikat yang sudah berada di angka 16,75 persen. 

Hal ini membuktikan bahwa potensi pasar e-commerce Indonesia masih terbuka luas dan masih bisa dimaksimalkan lebih tinggi lagi. Untuk itulah Transcosmos Commerce sebagai salah satu e-commerce enabler terkemuka di Indonesia hadir untuk membantu brand memaksimalkan penjualan secara online dengan berfokus pada layanan holistik meliputi strategi penjualan hingga fulfilment. 

BACA JUGA  TDP 10.000 Hadir Lagi di Cuci Gudang Mobil Bekas Caroline.id Spesial Lebaran 2024

Berikut tiga manfaat utama bekerja sama dengan e-commerce enabler untuk meningkatkan penjualan secara online:

1. Meningkatkan penjualan hingga 2 kali lipat

Objektif utama dari e-commerce enabler adalah membantu klien untuk meningkatkan penjualan secara online. Hal ini karena e-commerce enabler memiliki sumber daya yang profesional serta pengalaman yang sudah teruji di bidang ini. 

Dengan sumber daya yang kompeten serta teknologi terdepan dalam meningkatkan penjualan, secara umum, rata-rata penjualan klien Transcosmos Commerce telah meningkat 2 kali lipat dalam 3 bulan. Penjualan yang meningkat tersebut tidak lepas dari strategi dan eksekusi iklan pada marketplace di mana secara rata-rata Return on ad spend (ROAS) di angka 21x. 

2. Meningkatkan efisiensi proses logistik

Salah satu faktor yang membuat pelanggan loyal adalah pengalaman belanja yang berjalan dengan lancar dan cepat. Faktor ini sangat dipengaruhi oleh faktor logistik yang lancar. Menurut studi Voxware, sebanyak 69% konsumen tidak ingin belanja kembali jika barang yang dibeli tidak sampai dalam dua hari dari tanggal yang dijanjikan. 

BACA JUGA  KarirLab Mempersembahkan Inovasi Baru dalam Dunia Pencarian Kerja dengan Resume Builder Integrasi AI Pertama di Indonesia

Dengan berpartner bersama e-commerce enabler terpercaya, Anda dapat meningkatkan efisiensi proses logistik ini. Transcosmos Commerce memiliki fulfillment store di area Jabodetabek dan telah berpartner dengan mitra logistik terpercaya sehingga Anda dapat meningkatkan efisiensi dari sisi logistik agar produk Anda dapat sampai ke tangan konsumen tepat waktu. 

3. Lokalisasi konten 

Untuk brand internasional, salah satu tantangan ketika masuk ke pasar Indonesia adalah bagaimana konten dari materi pemasaran mereka dapat dilokalisasi dengan preferensi konsumen. Pelokalan konten tidak hanya soal bahasa, tetapi juga format dan desain, serta kepekaan budaya. Maka dari itu menjadi penting untuk dapat relevan dengan strategi lokalisasi konten. 

Sebagian besar klien dari Transcosmos Commerce adalah brand internasional dengan reputasi dan kualitas terbaik di kelasnya. Seluruh konten serta strategi penjualan dapat dilokalisasi dengan baik sehingga cocok untuk pasar Indonesia. 

BACA JUGA  Pemkab Tanah Bumbu dan Borneo Indobara Resmikan Masjid Ziyadatul Abrar

Naoto Osada, Chief Executive Officer Transcosmos Commerce mengatakan, “Tren positif industri e-commerce Indonesia akan terus positif hingga beberapa tahun ke depan. Kami melihat masih banyak ruang bagi industri e-commerce Indonesia untuk bertumbuh dan hal menjadi peluang bagi brand global yang ingin meningkatkan ceruk pasar mereka dengan penetrasi di online. Kami berkomitmen untuk memberikan kualitas dan hasil terbaik demi bisa bertumbuh bersama para klien.”

Hal ini diamini oleh salah satu klien Transcosmos Commerce yakni Katsuo Kimoto, Chief Representative Roland Indonesia yang mengatakan “ Sejak Transcosmos Commerce mulai menjadi partner kami, dalam 3 bulan sudah membuktikan kemampuannya dengan meningkatkan penjualan jauh lebih tinggi dari partner lain. Tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi Transcosmos Commerce juga berkontribusi dalam menjaga citra merek kami sesuai dengan yang kami inginkan dengan profesionalitas yang tinggi dan layanan yang menyeluruh dari hulu hingga hilir kepada pengguna dan mitra kami.”

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Penulis: Editor

Gambar Gravatar
Direktur Di PT. Internusa Media Group